Selasa 11 Oct 2016 19:45 WIB

Tips Melancong Aman ke Luar Negeri

Wisatawan menyaksikan pemandangan matahari tenggelam (sunset) di Pantai Kuta, Badung, Bali, Kamis (31/12). (Antara/Fikri Yusuf)

Tunjukan Rasa Hormat

Meski sudah tampak jelas. Namun menunjukkan rasa hormat pada tempat yang Anda kunjungi dan penduduknya harus menjadi prioritas bagi siapa saja yang bepergian ke negara lain. Hal ini menjadi lebih penting ketika mengunjungi tempat-tempat wisata seperti gedung-gedung pemerintah, situs budaya penting dan juga lokasi bersejarah.

Jadi meski mungkin tidak masalah mengolok-olok tokoh masyarakat di Australia, tapi tindakan mengejek keluarga kerajaan di Thailand sangat melanggar hukum. Dan tidak perlu dijelaskan lagi untuk mengatakan kalau Anda jangan pernah terlibat dalam pelanggaran agama, bahkan jika tidak ada siapa pun di sekitar anda.

Dalam banyak hal semacam ini, di lokasi-lokasi tertentu biasanya memiliki kebijakan tidak mentolerir sama sekali (zero tolerant) bagaimana orang berperilaku dan mereka akan menegakan aturan tersebut.

Berpakaian Sopan

Memang sangat menggoda untuk bebas bersenang-senang ketika sedang menikmati liburan. Sudah tidak diragukan lagi betapa menggodanya ketika mengunjungi negara yang panas atau lembab.

Tapi apa yang tampaknya pantas bagi anda bisa menjadi sangat berbeda di mata warga setempat dari sebuah negara konservatif. Perhatikan bagaimana warga lokal berpakaian dan sensitiflah terhadap standar masyarakat setempat.

Juga hati-hatilah dengan apa yang bisa diterima di suatu tempat bisa jadi tidak diterima di tempat lain, misalnya mengenakan pakaian renang ketika pergi berbelanja ke toko dapat menjadi tindakan yang illegal bahkan jika toko itu lokasinya dekat dengan pantai sekalipun.

Para pelancong yang memiliki tato di tubuhnya juga harus mengetahui tidak semua orang mengapresiasi tato, terutama jika tato itu mengandung teks, ikon agama atau simbol yang bisa jadi berbeda artinya di seluruh dunia.

Foreigner gets tattoo in Bali
Seorang seniman lokal mentato punggung wisatawan asing pada Festival Tattoo di Legian Kuta, di Pulau Wisata Indonesia Bali 23 September 2011.

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/wisata-nad-budaya/tips-melancong-aman-ke-luar-negeri/7917236
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement