Sabtu 22 Oct 2016 03:46 WIB

Keluhkan Gaji, Presiden Peru Diejek

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Andi Nur Aminah
Pedro Pablo Kuczynski
Foto: tvperu.gob.pe
Pedro Pablo Kuczynski

REPUBLIKA.CO.ID, LIMA -- Presiden Peru Pedro Pablo Kuczynski yang juga mantan bankir investasi mengeluhkan gajinya sebagai pejabat publik. Kuczynski melaporkan penghasilannya dari profesi sebelumnya mencapai sebesar 700 ribu dolar AS per tahun sebelum menjabat presiden pada Juli.

Komentar Kuczynski ini diunggah dalam sebuah video oleh surat kabar Correo. Hal ini muncul di tengah pemerintah sentris yang telah pulih dari skandal korupsi dan protes mematikan di salah satu tambang tembaga terbesar negara tersebut.

Mantan ekonom Bank Dunia berusia 78 tahun itu menaikkan gaji wali kota setempat sebelum berpaling ke keuntungan sendiri. "Presiden Republik melakukan setengah dari apa yang seorang menteri lakukan. Ada dua menteri di sini. Antara mereka berdua, mereka melakukan empat kali apa yang saya buat. Apakah itu adil untuk Anda?" katanya dilansir Reuters.

Kantor Kuczynski tidak segera menanggapi permintaan berbagai komentar. Masyarakat Peru pun melalui media sosial mencemooh pernyataan presiden baru itu. Beberapa menayangkan perbandingan antara tiga relawan pemadam kebakaran yang meninggal pekan ini. Mereka berusaha menyelamatkan orang-orang dari api di dekat pinggiran Lima.

Presiden Peru mendapatkan 4.588 dolar AS per bulan sebelum pajak. Menteri kabinet mendapatkan 8.932 dolar AS. Upah minimum di Peru adalah 250 dolar AS.

Kuczynski telah bersumpah untuk menempatkan pengalamannya yang cukup besar di sektor swasta untuk menghidupkan kembali investasi di ekspartir mineral global. Juga memastikan semua penduduk Peru memiliki akses terhadap layanan dasar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement