Rabu 22 Feb 2017 07:00 WIB

Sejarah Hari Ini: Belanda Akui Rezim Franco

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Teguh Firmansyah
Francois Franco.
Foto:
Makam OScar Wilde

Pada 22 Februari 1892 "Lady Windermere's Fan" karya Oscar Wilde dimainkan di Teater St James, London, Inggris. Wilde merupakan penulis terkenal di Inggris. Ia terkenal dengan karya-karya fenomenalnya seperti The Picture of Dorian Gray,  The Importance of Being Earnest.

Bahkan karya The Picture of Dorian Gray pernah dibuat filmnya. Dalam karyanya, Wilde menceritakan, Dorian Gray merupakan seorang pemuda kaya,  tampan yang awet muda selamanya. Ia memiliki hubungan percintaan dengan banyak wanita baik muda maupun tua.

Rupanya Gray bisa awet muda meskipun ia sudah tua karena memiliki lukisan yang mengandung perjanjian dengan setan untuk bisa tetap muda dan tampan secara abadi.

Gray menjual jiwanya kepada setan agar awet muda. Pada era Victoria, karya Wilde, The Picture of Dorian Gray dianggap sebagai karya yang sangat tak bermoral. Meskipun saat ini disebut sebagai karya yang sangat bagus.

Wilde yang lahir pada 16 Oktober 1854 di Dublin selain penulis, pengarang, juga pembuat puisi. Ia merupakan penulis terkenal di era Victoria Inggris.

Seperti dilansir Biography, setelah menyelesaikan studinya di Universitas Oxford, Wilde mengajar tentang puisi, seni kritik, dan pendukung terkemuka prinsip estetika.

Suatu ketika Wilde memiliki hubungan percintaan dengan seorang pemuda. Kala itu homoseksual sangat ditentang di Inggris. Akibat hubungan homoseksualnya, ia ditangkap dan dihukum pada tahun 1895. Ia dipenjara selama dua tahun dan meninggal dalam keadaan miskin tiga tahun setelah dibebaskan pada usia 46 tahun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement