Sabtu 11 Mar 2017 17:48 WIB

Sejarah Hari Ini: Serangan Bom Kereta Guncang Madrid, 191 Orang Tewas

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ani Nursalikah
Sebanyak 191 orang tewas dan hampir 2.000 orang terluka dalam serangan bom di stasiun Madrid pada 11 Maret 2004..
Foto:
Bendera Lithuania.

Lithuania jadi bagian Uni Soviet yang pertama memproklamirkan kemerdekaan. Pemerintah Soviet kemudian menerapkan embargo ekonomi dan minyak. Mereka juga mengirim pasukan.

Penduduk Lithuania tinggal di Sungai Nemen dan Laut Baltik sejak 3.000 tahun lalu. Selama periode pertengahan, orang Lithuania salah satu komunitas paling besar di Eropa.

Pada akhir abad 14, Lithuania bersatu dengan Polandia untuk membentuk perserikatan. Namun karena Polandia berpisah pada 1795, Lithuania diserap oleh Rusia.

Selama Perang Dunia II, penduduk Lithuania lebih memilih bersekutu dengan Jerman dan melawan Uni Soviet. Pada 1944, Lithuania membebaskan diri dan kelompok pro-Soviet yang merupakan rezim komunis bergabung.

Pada akhir 1980an, pemimpin Soviet Mikhail Gorbachev memberi kesempatan terbuka untuk Lithuania menetapkan identitasnya. Pada 11 Maret 1990, mereka akhirnya memproklamirkan kemererdekaan.

Pada 6 September 1991, Uni Soviet sepakat mengakui kemerdekaan Lithuania. Republik Baltik lainnya, Estonia dan Latvia juga kemudian resmi berpisah dari Soviet.

sumber : History
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement