Selasa 09 May 2017 08:35 WIB

Sejarah Hari Ini: Tragedi Sepak Bola Ghana, 126 Penonton Tewas Terinjak-injak

Rep: Crystal Liestia Purnama/ Red: Ani Nursalikah
Stadion Accra di Ghana.
Foto:
Kontrasepsi KB berupa pil dan suntik.

Pada hari ini di 1960, Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) di Amerika Serikat menyetujui kontrol kehamilan komersial pertama di dunia. Pengendalian kehamilan itu dengan menggunakan pil Enovid-10 yang diproduksi oleh perusahaan farmasi G.D Searle Company yang berbasis di Illinois, Chicago.

Pengembangan pil kontrasepsi ini awalnya ditugaskan kepada seorang dokter perintis pengendali kelahiran Margaret Sanger yang didukung oleh penerusnya Katherine McCormick. Sanger pertama kali membuka klinik pengendalian kelahiran pertama di AS pada 1916. Ia berharap dapat mendorong pengembangan alternatif yang lebih efektif dan praktis untuk kontrasepsi yang sedang digunakan pada saat itu.

Pada awal 1950-an, seorang ahli biokimia di Worcester Foundation for Experimental Biology Gregory Pincus dan ginekolog dari Harvard Medical School John Rock mulai membuat pil kontrasepsi. Kemudian uji klinis pil yang menggunakan progesteron dan estrogen sintetis untuk menekan kelahiran pada perempuan itu dilakukan pada tahun 1954.

Barulah akhirnya pada 9 Mei 1960 FDA secara resmi menyetujui pil kontrasepsi tersebut. Sebagai upaya memberikan kebebasan reproduksi yang lebih luas bagi perempuan AS.

sumber : History
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement