Saturday, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 December 2019

Saturday, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 December 2019

Sejarah Hari Ini: Kebakaran Hutan Dahsyat Landa Cina, 193 Orang Tewas

Jumat 12 May 2017 05:30 WIB

Rep: Crystal Liestia Purnama/ Red: Ani Nursalikah

Kebakaran hutan/ilustrasi

Kebakaran hutan/ilustrasi

Foto: wikimedia

REPUBLIKA.CO.ID, Kebakaran hutan yang dahsyat akhirnya merambat sampai ke wilayah timur Cina. Pada hari ini, 12 Mei 1987, pemadam kebakaran harus mengerahkan seluruh medianya untuk mengatasi lalapan api raksasa itu. Meskipun kebakaran itu tetap menewaskan banyak korban, 193 orang dilaporkan tewas dalam insiden itu.

Sebenarnya kebakaran mulai terjadi sejak 6 Mei dengan kekuatan api sedang di Kabupaten Mohe, Provinsi Heilongjiang. Namun, ada kesalahan penanganan dari pihak berwenang. Kemudian dalam dua hari api segera melalap 2.000 mil persegi lahan dan 100 orang tewas terbakar.

Di samping itu, petugas juga harus mengatasi kebakaran hutan besar yang terpisah. Kebakaran hutan itu terjadi di perbatasan Cina dan Uni Soviet yang terancam akan bergabung dengan api dari kebakaran awal jika tak segera ditangani.

Dalam beberapa hari, petugas baru bisa menghentikan penyebaran api saat sudah mencapai Mongolia Dalam. Meskipun Kota Manqui telah diselamatkan, korban sudah telanjur meluas. Sekitar 2,5 juta hektare tanah terbakar dan 50 ribu orang kehilangan rumah mereka. Selain 193 orang tewas, juga terdapat ratusan korban terluka.

Bahkan, api baru padam sepenuhnya pada 27 Mei. Dan saat itu pula Menteri Kehutanan Cina Yang Zhong diturunkan jabatannya karena penanganan kebakaran awal yang tidak kompeten tersebut.

Selanjutnya: Roosevelt, Presiden AS Pertama Miliki Film Dokumentasi Resmi

sumber : History
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA