Ahad 14 May 2017 09:06 WIB

Sejarah Hari Ini: Negara Israel Dideklarasikan

Rep: Crystal Liestia Purnama/ Red: Ani Nursalikah
Pengacara dari 60 negara akan menggugat tindakan brutal Israel terhadap relawan kemanusiaan untuk Gaza di Kapal Mavi Marmara, ilustrasi
Pembunuhan (Ilustrasi)

Pada hari ini tahun 1948, seorang anak berusia tiga tahun yang baru sembuh dari peneumonia di Rumah Sakit Queen's Park, Blackburn, Inggris hilang dari tempat tidurnya. Perawat mengetahuinya pada pukul 01.20 dini hari. Dua jam kemudian polisi menemukan jenazahnya dengan tulang tengkorak yang rusak.

Hasil pemeriksaan medis diduga anak itu diperkosa dan tubuhnya sempat dibenturkan ke dinding. Dua petunjuk penting yang ditemukan di bangsal anak rumah sakit, yaitu jejak kaki di lantai yang baru dibersihkan dan botol air yang berpindah.

Sidik jari pelaku tertinggal di botol, namun polisi tidak bisa mengidentifikasinya. Bahkan setelah dicocokkan dengan identitas daftar penjahat yang ada.

Kemudian polisi memutuskan melakukan tes sidik jari terhadap 2.000 orang yang telah mengakses rumah sakit. Dan hasilnya masih nihil. Pada saat itulah Inspektur Detektif John Capstick memutuskan mengetes seluruh laki-laki di Blackburn.

Prosedur yang tidak mungkin terjadi di AS karena negara itu dilindungi Amandemen Keempat yang melarang pemeriksaan tanpa kemungkinan penyebabnya. Kendati demikian polisi menjamin hasil cetakan sidik jari tersebut akan hancur setelahnya.

Sebanyak 25 ribu warga laki-laki diperiksa sidik jarinya. Namun tetap belum ditemukan sidik jari yang cocok. Kemudian polisi memeriksa beberapa laki-laki yang dilaporkan belum menyetorkan cetakan sidik jarinya.

Ditemukanlah Peter Griffiths, jejak kaki dan sidik jarinya cocok. Ia mengaku melakukannya saat sedang dalam pengaruh alkohol. Ia dinyatakan bersalah karena tuduhan pembunuhan dan dieksekusi pada 19 November 1948.

Selanjutnya: Terbentuknya Pakta Warsawa

sumber : History
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement