Ahad 14 May 2017 09:06 WIB

Sejarah Hari Ini: Negara Israel Dideklarasikan

Rep: Crystal Liestia Purnama/ Red: Ani Nursalikah
Pengacara dari 60 negara akan menggugat tindakan brutal Israel terhadap relawan kemanusiaan untuk Gaza di Kapal Mavi Marmara, ilustrasi
Logo dan bendera Pakta Warsawa

Pada hari ini tahun 1955, Uni Soviet dan tujuh negara di Eropa timur menandatangani sebuah perjanjian untuk membentuk Pakta Warsawa. Merupakan sebuah aliansi negara-negara blok Timur dan menunjuk Uni Soviet sebagai komandan bersenjata negara-negara tersebut.

Pembentukan pakta ini ditujukan untuk melindungi diri dari blok NATO yang dibentuk Amerika Serikat (AS). NATO atau Pakta Pertahanan Atlantik Utara tersebut menjadikan Jerman Barat menjadi salah satu anggotanya. Negara itu dibiarkan melakukan remiliterisasi yang menjadi ancaman bagi Soviet.

Dinamakan Pakta Warsawa karena perundingan itu dilakukan di Warsawa. Beberapa negara anggotanya antara lain Uni Soviet, Albania, Polandia, Rumania, Hungaria, Cekoslowakia dan Jerman Timur.

Dalam perjanjian itu, negara-negara anggota harus melindungi negara anggota lain jika mendapatkan serangan dari luar. Mereka juga membentuk komando militer terpadu yang dipimpin oleh Marsekal Ivan S Konev dari Soviet.

sumber : History
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement