Senin 22 May 2017 17:52 WIB

Sejarah Hari Ini: Bersatunya Yaman Selatan dan Utara Sebagai Republik Yaman

Rep: Crystal Liestia Purnama/ Red: Budi Raharjo
Salah satu sudut Kota Sanaa di Yaman
Foto:
Ilustrasi

Pada hari ini di tahun 1843 sebuah kereta besar berisi 1.000 penumpang dan 1.000 sapi berangkat ke Oregon, Amerika Serikat dari Independence, Missouri, AS. Peristiwa ini juga dikenal sebagai 'Great Emigration.'

Dua tahun sebelumnya emigran kloter pertama juga sudah berangkat ke Oregon dengan menggunakan jalur darat yang panjang. Setelah meninggalkan Independence, kereta besar itu mengikuti jejak kereta Sante Fe sekitar 40 mil dan berbelok ke barat laut menuju Sungai Platte, yang diikuti sepanjang rute utara ke Fort Laramie, Wyoming.

Dari sana kemudian melakukan perjalanan ke Pegunungan Rocky, yang melewati jalan tinggi South Pass menuju ke lembah sungai Colorado. Mereka kemudian pergi ke barat daya menuju Fort Bridger, ke barat laut melintasi perpecahan ke Fort Hall di sungai Snake dan Fort Boise. Di sana mereka perbekalan untuk perjalanan yang sulit melintasi Pegunungan Blue menuju Oregon.

Emigrasi besar-besaran itu akhirnya sampai di Oregon setelah lima bulan perjalanan yaitu pada bulan Oktober. Mereka menempuh total perjalanan 2.000 mil dari Independence. Emigrasi itu juga disusul kelompok-kelompok emigran pada tahun selanjutnya. Seiring dengan munculnya rel kereta api, rute itu akhirnya ditinggalkan pada tahun 1870-an.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement