Rabu 24 May 2017 13:54 WIB

Sejarah Hari Ini: Bentrokan Antarsuporter Sepak Bola Peru Tewaskan 300 Orang

Rep: Crystal Liestia Purnama/ Red: Ani Nursalikah
Sebuah bentrokan antarsuporter sepak bola terjadi di Stadion Nasional, di Lima, Peru pada 24 Mei 1964.
Foto:
Jembatan Brooklyn.

Setelah proses pembangunan panjang yang memakan waktu sampai  14 tahun dan memakan 27 korban jiwa, akhirnya jembatan yang menghubungkan kota-kota besar New York dan Brooklyn untuk pertama kalinya dibuka, pada 24 Mei 1883. Jembatan gantung terbesar pada saat itu berdiri di atas Sungai Timur. Bahkan pada peresmiannya yang dipimpin oleh Presiden Chester A. Arthur, ribuan penduduk Brooklyn dan Manhattan Island menyaksikannya.

Jembatan itu menjadi jembatan gantung baja pertama di dunia yang merupakan rancangan dari John A. Roebling. Ia adalah pelopor jembatan gantung baja, yang menambahkan tiang penopang jaring-jaring untuk menstabilkan strukturnya. Dengan menggunakan model ini ia juga berhasil membangun jembatan niagara George di Air Terjun Niagara, New York, dan Sungai Ohio di Cincinnati, Ohio.

Tepat sebelum konstruksi dimulai pada 1869, Roebling mengalami luka parah saat mengambil beberapa pembacaan kompas terakhir di seberang Sungai Timur. Sebuah kapal menghancurkan jari-jari kaki di salah satu kakinya. Tiga pekan kemudian dia meninggal karena tetanus. Ia adalah pekerja pertama yang meninggal dalam pembangunan jembatan gantung itu.

Kemudian posisi kepala arsitek diambil alih oleh putranya, Washington A Roebling (32 tahun) yang jugaa berpengalaman dan membantu merancang jembatan Brooklyn. Dua pondasi granit jembatan dibangun di atas balok caisson atau ruang kedap air, yang ditanam sampai kedalaman 444 kaki di sisi Brooklyn dan 78 kaki di sisi New York. Udara bertekanan menekan caissons,  memungkinkan konstruksi bawah air. 

Saat itu hanya sedikit yang tahu risiko bekerja dalam kondisi seperti itu. Akhirnya lebih dari 100 pekerja menderita penyakit bungkuk, yang disebabkan karena gelembung nitrogen di aliran darah yang diakibatkan oleh dekompresi yang cepat. Beberapa meninggal dan Roebling terbaring di tempat tidur pada 1872. Beberapa pekerja lainnya meninggal akibat kecelakaan konstruksi biasa, seperti ambruk atau kebakaran.

Saat Roebling terbaring lemah, ia menginstruksikannya dari rumah, dan istrinya Emil, yang bertugas mengantarkan instruksi tersebut ke pembangunan setiap harinya. Roebling terus lumpuh selama hidupnya. Pada peresmian jembatan, Emily Roebling diberi tumpangan pertama untuk melewati jembatan tersebut bersama simbol kemenangan, ayam jantan di pangkuannya. Dan jembatan itu dijuluki sebagai keajaiban dunia kedelapan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement