Senin 05 Jun 2017 22:53 WIB

Qatar: Pemutusan Hubungan Diplomatik oleh Saudi tak Berdasar

Qatar Logo
Qatar Logo

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Pemerintah Qatar menegaskan, tidak ada alasan atau justifikasi bagi Saudi, Mesir, UEA dan Bahrain serta Yaman maupun Maladewa untuk memutuskan hubungan diplomatik dengan Doha.

Sebelumnya Saudi menjadi pelopor utama pemutusan hubungan diplomatik terhadap Qatar. Saudi menyebut pemutusan hubungan itu dilakukan untuk melindungi keamanan dalam negeri. Qatar juga dituduh mendanai aksi teroris.

Otoritas Qatar menegaskan, sikap itu merupakan bentuk intervensi terhadap pemerintahan dan melanggar kedaulatan mereka. Doha meyakinkan kepada warga negaranya bahwa keputusan Saudi dan sekutunya tak akan berpengaruh bagi negara itu.

"Keputusan itu tak bisa dijustifikasi hanya berdasarkan klaim dan tuduhan tanpa dasar fakta," ujar otoritas Qatar seperti dilansir Aljazirah.

Upaya Saudi untuk mengintervensi Qatar tak tanggung-tanggung. Selain menutup perbatasan, mereka juga tak memperbolehkan pesawat Qatar melintas di langit Saudi, begitu pula di perariran. Kapal Qatar tak boleh masuk.

Langkah ini juga diambil oleh sekutu Saudi, Uni Emirat Arab dan Mesir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement