Kamis 08 Jun 2017 09:13 WIB

Sejarah Hari Ini: Tersangka Pembunuh Martin Luther King Ditangkap

Rep: Puti Almas/ Red: Teguh Firmansyah
James Earl Ray, orang yang diduga membunuh Martin Luther King
Foto:
Badai (ilustrasi)

Badai tropis yang dikenal dengan nama Allison menerpa Houston, Texas, Amerika Serikat (AS) hingga beberapa wilayah lainnya di negara itu pada 8 Juni 2001. Sebanyak 50 orang dilaporkan tewas dalam bencana ini.

Allison disebut menjadi badai yang sebenarnya tidak terlalu kuat. Namun, meski tidak menjadi topan, selain menyebabkan korban jiwa, angin telah membuat kerusakan banyak bangunan di Houston dan meninggalkan kerugian hingga 5 miliar dolar AS.

Badai ini pertama kali datang ke pantai Afrika pada 21 Mei. Selama dua pekan, Allison terus bergerak melintasi Atlantik dan mulai tiba di Karibia. Hingga kemudian, sebelum datang ke AS terlebih dahulu menyusuri pesisir Meksiko.

Beberapa wilayah lainnya di AS yang terkena dampak Allison adalah negara bagian Lousiana. Hujan deras terjadi di sejumlah wilayah di dalamnya dan menyebabkan banjir.

Kemudian Florida, North Carolina juga dilanda badai ini. Selanjutnya di Virginia, di mana salah satu penyebab kematian warga setempat akibat Allison adalah karena terkena pohon tumbang oleh angin.

Di Pennsylvania, banjir terjadi sebagai dampak badai. Hal ini dilaporkan memicu ledakan gas alam di sebuah lingkungan perumahan di Hatboro dan menyebabkan enam orang tewas. Allison membuktikan bahwa badai yang tidak terlalu kuat atau bergerak cepat sekalipun dapat mematikan dan merusak.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement