Sabtu 02 Sep 2017 17:50 WIB

Trump akan Beri 7,8 Miliar AS untuk Pemulihan Pasca-Harvey 

Rep: Puti Almas/ Red: Nidia Zuraya
Badai Harvey menyebabkan ketinggian air terus bertambah di Houston Timur, Texas,
Foto: Nick Oxford/Reuters
Badai Harvey menyebabkan ketinggian air terus bertambah di Houston Timur, Texas,

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump meminta dana kepada Kongres untuk  biaya pemulihan pascabadai Harvey yang melanda Texas dan Lousiana dalam satu pekan terakhir. Ia mengatakan diperlukan dana sebesar 7,8 miliar dolar guna melakukan perbaikan dan pembangunan wilayah-wilayah yang terkena dampak bencana tersebut. 

Harvey pertama kali melanda Texas pada 25 Agustus lalu. Kota pertama di negara bagian itu yang terkena dampak badai kategori empat tersebut adalah Corpus Christi. Huaj deras dan angin kencang yang mencapai kecepatan 215 kilometer per jam kemudian melanda daerah-daerah lainnya. 

Hingga kemudian, hujan deras mengguyur Houston. Banjir besar pun tak dapat dihindari di hampir seluruh wilayah dalam kota terbesar keempat AS tersebut. Ribuan orang meninggalkan rumah mereka dan dievakuasi ke tempat penampungan yang disediakan oleh pihak berwenang.

Meski saat ini sebagian warga diizinkan kembali ke rumah, masih banyak wilayah Houston yang terendam banjir. Secara keseluruhan tercatat 43 ribu orang berada dalam tempat penampungan. 

Setidaknya, ada 47 orang yang dilaporkan tewas sepanjang bencana di Houston. Trump juga telah berkunjung ke Texas pada 30 Agustus lalu bersama dengan sang istri, Melania.

Ia saat itu meninjau lokasi bencana di Corpus Christi. Namun, pria berusia 70 tahun itu belum melakukan perjalanan ke Houston karena dikhawatirkan kedatangan dirinya dapat menghambat arus bantuan yang dikirimkan melalui jalur udara. 

Lousiana juga dilanda hujan deras dan banjir setelah badai menyerang Houston. Air masih tergenang dan hingga saat ini masih banyak wilayah yang membutuhkan bantuan logistik.

Menurut Direktur Anggaran Gedung Putih Mick Mulvaney, bantuan untuk perbaikan wilayah-wilayah yang terkena bencana di Texas dan Lousiana harus secepatnya mendapat bantuan dana. Jika Kongres AS gagal bertindak, maka perbaikan pasca bencana di sana akan terlambat. 

"Kongres AS harus bertindak secepatnya untuk memastikan dana ini dapat diberikan secepatnya untuk bantuan rekonstruksi kembali wilayah-wilayah terkena dampak Harvey," ujar Mulvaney dilansir BBC, Sabtu (2/9). 

Sementara itu, Gubernur Texas Greg Abbot mengatakan kemungkinan negara bagian yang ia pimpin membutuhkan bantuan lebih dari 125 miliar dolar AS. Setidaknya diperkirakan 80 persen warga di sana tidak memiliki asuransi untuk membangun kembali rumah mereka yang terkena bencana.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement