Rabu 18 Oct 2017 14:09 WIB

Syarat Baru Bahasa Inggris untuk Kuliah di Australia Membingungkan

Suasana perkuliahan untuk mahasiswa sains di University of Tasmania, Australia.
Foto:

Perbedaan persyaratan bahasa Inggris bagi pelajar internasional

Tina menjelaskan kebanyakan pelajar internasional mendaftar kuliah dari luar negara Australia dengan mengikuti tes IELTS, TOEFL atau Pearson Test of English (PTE). Namun ada pula yang datang ke Australia sebelum mendaftar kuliah untuk mengikuti program ELICOS, yang biasanya membutuhkan waktu 10-12 minggu. Setelah ELICOS ini mereka bisa langsung mendaftar ke perguruan tinggi di Australia.

"Tapi ini tergantung dari jurusan dan perguruan tingginya, misalnya beberapa jurusan bisnis, sekolah kejuruan, seperti memasak, menata rambut, konstruksi, ada beberapa yang bisa langsung mendaftar usai selesai ELICOS."

Ia menjelaskan ada juga beberapa TAFE, institut kejuruan, yang bermitra dengan sekolah atau penyedia kursus bahasa Inggris tertentu, sehingga bisa langsung menerima jika mereka sudah berada di tingkat tertentu, tanpa IELTS.

Tina mengatakan persyaratan bahasa Inggris di universitas berbeda-beda, namun biasanya ditentukan oleh badan yang menaungi industri yang mengakui kemampuan dan profesi mereka di masa depan.

"Misalnya saja di negara bagian Victoria, untuk jurusan teaching, persyaratan berapa nilai IELTS atau TOEFL bagi mahasiswa baru ditentukan setelah mendapat masukan, pertimbangan dari Victorian Institute of Teaching."

"Karena nanti mereka akan terjun ke lapangan, latihan berkunjung ke kelas-kelas di sekolah, jadi kalau mereka nantinya tidak mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris dengan murid-murid, bagaimana mereka bisa berinteraksi dan mengajar ke depannya?" kata Tina.

Tina menemukan kendala bahasa yang kerap terjadi dialami pelajar internasional. "Kebanyakan pelajar Indonesia belajar giat untuk mengejar nilai IELTS atau TOEFL, namun setelah masuk kuliah apakah kemampuan berbahasa Inggrisnya meningkat, atau malahan menurun, tergantung banyak hal," ujarnya.

"Misalnya jika mereka berteman hanya dengan anak-anak dari Indonesia saja, maka sehari-hari pun akan berbicara dengan bahasa Indonesia sehingga kemampuan bahasa Inggris mereka hanya berkembang sedikit."

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/studi-nad-inovasi/penjelasan-soal-syarat-baru-persyaratan-bahasa-inggris/9062852
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement