Jumat 26 Jan 2018 16:48 WIB

Koalisi Arab Selamatkan 27 Anak Yaman yang Ditangkap Houthi

Anak-anak tersebut ditangkap Houthi saat terjadi konfrontasi militer.

Rep: Crystal Liestia Purnama/ Red: Agus Yulianto
Tentara anak Houthi di Yaman (Ilustrasi)
Foto: Yemen Times
Tentara anak Houthi di Yaman (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SANA'A -- Koalisi Arab telah menyerahkan 27 anak Yaman yang ditangkap oleh milisi Houthi kepada perwakilan pemerintah Yaman yang sah. Anak-anak tersebut terlibat dalam pertempuran kedua kubu itu.

Sebuah sumber resmi dari Koalisi untuk Mendukung Legitimasi di Yaman, yang dikutip Asharq Alawsat, Jumat (26/1), menyebutkan, anak-anak tersebut ditangkap saat terjadi konfrontasi militer dengan pemberontak di sejumlah medan perang di dekat perbatasan dengan Arab Saudi.

Menurut sumber tersebut, Houthi yang didukung Iran itu memaksa anak-anak dan pemuda Yaman untuk terjun ke medan perang, dan memanfaatkannya dalam operasi serangan yang gagal.

Serah terima antara koalisi Arab dan pemerintah Yaman tersebut dilakukan di Komando Pasukan Sharourah. Serah terima itu disaksikan pula oleh sejumlah perwailan Komite Palang Merah Internasional, Otoritas Bulan Sabut Merah Saudi, Unit Perlindungan Anak dalam Konflik Bersenjata, dan Komisi Hak Asasi Manusia Saudi.

Setelah melakukan koordinasi intensif dengan beberapa organisasi internasional, Arab Saudi pada Juni 2016 menyerahkan 52 anak Yaman yang direkrut Houthi kepada pemerintah Yaman yang sah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement