Sabtu 10 Mar 2018 13:13 WIB

Gerbong Perempuan Kini Tersedia di Kereta Komuter Shenzhen

Gerbong khusus perempuan disediakan agar para perempuan merasa lebih nyaman.

Gerbong khusus perempuan di kereta komuter Shenzhen, Provinsi Guandong di Cina selatan.
Foto: Shanghaiist
Gerbong khusus perempuan di kereta komuter Shenzhen, Provinsi Guandong di Cina selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, SHENZHEN -- Gerbong-gerbong prioritas untuk perempuan sekarang sudah tersedia di semua jalur kereta komuter di Shenzhen, Provinsi Guandong di Cina selatan. Gerbong tersebut dilekatkan pada empat jalur baru bertepatan dengan Hari Perempuan Internasional, Kamis (8/3).

Menurut Shenzhen Metro Group, gerbong pertama dan terakhir pada rangkaian kereta jalur 2, 7, 9 dan 11 sekarang diprioritaskan untuk perempuan. Gerbong serupa sebelumnya sudah tersedia di kereta jalur 1, 3, 4, dan 5 sejak 26 Juni 2017.

Tanda berwarna merah muda dan bertuliskan "Gerbong Prioritas untuk Perempuan" telah dipasang di gerbang-gerbang perisai serta di dalam gerbong. Pengumuman ditulis dalam bahasa Mandarin, Kanton dan Inggris.

Gerbong khusus perempuan disediakan agar para perempuan merasa lebih nyaman, terutama saat kereta dalam keadaan sangat penuh dengan penumpang. Walaupun gerbong itu dikhususkan untuk perempuan, tidak ada petugas kereta yang mengharuskannya.

Jika ada perempuan yang perlu didampingi penumpang laki-laki karena sakit atau memiliki kondisi khusus, mereka boleh duduk berdampingan di dalam gerbong itu. Izin yang sama diberikan bagi perempuan yang naik kereta bersama pria lanjut usia atau anak-anak.

Di Guangzhou, ibu kota Guangdong, percobaan pemberlakukan gerbong khusus perempuan dimulai pada Juni 2017. Satu gerbong dalam setiap rangkaian kereta Jalur 1 disediakan untuk para perempuan saat jam sibuk pada hari-hari kerja.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement