Selasa 27 Mar 2018 10:41 WIB

Gempa Dahsyat Guncang Alaska 54 Tahun Lalu

Gempa Alaska tercatat sebagai gempa terkuat dalam sejarah AS.

Rep: Marniati/ Red: Nur Aini
Gunung Denali di Alaska
Foto: Blogspot
Gunung Denali di Alaska

REPUBLIKA.CO.ID, ALASKA -- Gempa berkekuatan 8,4 pada skala Richter terjadi di Alaska selatan pada hari ini (27/3) pada 1964. Peristiwa itu merupakan gempa terkuat dalam sejarah Amerika. Gempa yang dilanjutkan dengan tsunami itu menewaskan125 orang dan melukai ribuan lainnya.

Gempa yang berdurasi tiga menit itu langsung menewaskan 15 orang. Bencana tsunami yang terjadi setelahnya menewaskan 110 orang.

Gempa berpusat di Prince William Sound, sekitar delapan mil timur laut Anchorage. Anchorage, kota terbesar di Alaska, mengalami kerusakan paling parah. Sekitar 30 blok rumah dan bangunan komersial rusak atau hancur di pusat kota tersebut.

Gelombang pasang menghancurkan kota-kota di sepanjang Teluk Alaska dan menyebabkan korban tewas di British Columbia, Kanada; Hawaii; dan Pantai Barat Amerika Serikat, di mana 15 orang meninggal. Total kerusakan yang diakibatkan bencana tersebut diperkirakan lebih dari 400 juta dolar AS. Sehari setelah gempa, Presiden Lyndon B Johnson menyatakan Alaska sebagai daerah bencana.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement