Jumat 30 Mar 2018 22:39 WIB

Georgia Usir Diplomat Rusia

Penggunaan senjata kimia Salisbury merupakan tantangan serius.

Polisi Inggris berjaga di dekat rumah seorang mantan agen intelijen Rusia, Sergei Skripal yang diserang dengan zat agen saraf.
Foto: Andrew Matthews/PA via AP
Polisi Inggris berjaga di dekat rumah seorang mantan agen intelijen Rusia, Sergei Skripal yang diserang dengan zat agen saraf.

REPUBLIKA.CO.ID, TSIBILISI -- Georgia mengusir satu dari 10 diplomat Rusia yang bertugas pada kantor perwakilan Rusia di Kedutaan Besar Swiss di Tbilisi. Aksi ini dilakukan untuk menunjukkan solidaritas kepada Inggris terkait masalah peracunan mantan mata-mata.

Kementerian Luar Negeri Georgia mengatakan, penggunaan senjata kimia di Salisbury merupakan tantangan serius terhadap keamanan bersama. Kementerian menekankan bahwa Georgia berdiri di samping Inggris.

 

"Kementerian luar negeri menyatakan bahwa satu anggota staf Interests Section Federasi Rusia di Kedutaan Besar Swiss di Tbilisi sebagai orang yang tidak dapat diterima dan meminta orang tersebut untuk meninggalkan Georgia dalam waktu tujuh hari," bunyi pernyataan itu, Kamis waktu setempat.

Georgia dan Rusia tidak memiliki hubungan diplomatik resmi sejak perang Rusia-Georgia pada 2008.

Swiss, sebagai negara ketiga, menjadi penghubung masalah-masalah diplomatik antara kedua negara dengan membentuk Interests Section di Tbilisi dan Interests Section Georgia di Moskow pada Maret 2009.

 

Baca juga, Rusia akan Balas Usir Diplomat Inggris.

 

Mantan agen ganda Rusia Skripal, 66, beserta putrinya yang bernama Yulia, 33, ditemukan tak sadarkan diri di sebuah bangku di luar suatu pusat perbelanjaan di kota barat daya Inggris, Salisbury, pada 4 Maret.

Inggris menyatakan bahwa ayah dan anak itu terkena racun saraf dan menganggap Rusia sebagai pihak yang bersalah. Pemerintah Rusia telah membantah memiliki keterlibatan apa pun dalam insiden itu.

Sebagai kelanjutan dari kasus tersebut, Inggris telah mengusir 23 diplomat Rusia dan Moskow membalas dengan melakukan pengusiran terhadap diplomat Inggris dalam jumlah yang sama.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement