Rabu 02 May 2018 16:23 WIB

AS akan Pasang Kamera Tubuh di Wilayah Perbatasan

Kamera tubuh ini akan dipasang di sembilan lokasi

Rep: Crystal Liestia Purnama/ Red: Nidia Zuraya
Keluarga pengungsi tiba di perbatasan Kanada dari Amerika Serikat dekat Hemmingford, Quebec, Senin, 20 Februari 2017.
Foto: Paul Chiasson/The Canadian Press via AP
Keluarga pengungsi tiba di perbatasan Kanada dari Amerika Serikat dekat Hemmingford, Quebec, Senin, 20 Februari 2017.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan Amerika Serikat (AS) pada Selasa (1/5) mulai menguji penggunaan kamera tubuh oleh karyawannya di sembilan lokasi. Ini berpotensi mengarah pada peluncuran luas oleh badan penegak hukum terbesar di negara itu.

Penggunaan teknologi itu akan menjadikannya sebagai badan federal pertama yang menggunakan perangkat tersebut pada skala umumnya. Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan sebelumnya menyimpulkan pada tahun 2015 setelah studi selama setahun bahwa kamera tubuh belum cocok untuk digunakan secara luas. Pertimbangan itu karena biaya, tantangan teknologi dan kebutuhan akan persetujuan serikat pekerja.

Namun, dikatakan bahwa kamera tubuh itu memiliki potensi dalam keadaan terbatas.Tinjauan dari badan tersebut juga menemukan bahwa kamera yang digunakan dalam uji lapangan tidak berfungsi dengan baik dalam kondisi yang kasar dan terpencil di mana banyak agen Patroli Perbatasan bekerja.

"Beberapa bernasib lebih baik dari yang lain," kata direktur penegakan keamanan dan kepatuhan departemen penegak hukum Austin Skero.

Para pejabat Bea dan Perlindungan Perbatasan mengatakan teknologi telah berkembang sejak uji coba tahun 2015. Kamera yang digunakan dalam uji coba lapangan saat ini akan membangun pelajaran yang dipetik dalam uji coba sebelumnya.

Peralatan tersebut disediakan oleh beberapa produsen yang menolak untuk disebutkan namanya.Pejabat juga mengatakan manfaat potensial dari kamera termasuk memberikan bukti dalam kasus-kasus pidana, peningkatan pelatihan dan penguatan kinerja pekerjaan dan akuntabilitas.

"Karyawan akan diharapkan untuk menyalakan dan mematikan kamera selama insiden yang melibatkan penggunaan kekuatan dan pertemuan yang cenderung menjadi bermusuhan atau konfrontatif," kata Skero.

Kongres setuju untuk mendanai uji coba dengan mengalokasikan 5 juta dolar AS pada tahun terakhir pemerintahan Obama. Uji coba selama pemerintahan Presiden Barack Obama datang di tengah meningkatnya pengawasan karyawan menggunakan kekuatan yang berlebihan.

Karyawan Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan menggunakan senjata api sebanyak 55 kali pada tahun 2012. Namun angka itu turun secara signifikan menjadi 17 kali pada tahun lalu.

Hampir setiap departemen kepolisian AS telah memperlengkapi setidaknya beberapa perwira dengan kamera tubuh, dan banyak publik merilis rekaman setelah penembakan profil tinggi dan pertemuan lainnya.

Survei tahun 2015 terhadap 70 lembaga penegak hukum terbesar di seluruh negeri oleh Asosiasi Kepala Kota Mayor dan Asosiasi Sheriff Mayor County menemukan bahwa 95 persen lembaga telah menerapkan kamera tubuh atau telah berkomitmen untuk bergerak maju dengan program kamera yang dikenakan di tubuh.

Setelah penembakan Michael Brown di Ferguson, Missouri, Obama menjanjikan pendanaan untuk melengkapi 50 ribu petugas di seluruh negeri dengan kamera tubuh dalam waktu tiga tahun. Departemen kepolisian memiliki berbagai kebijakan tentang berapa lama mereka harus mempertahankan video, ketika kamera harus dinyalakan atau dapat dimatikan, dan apakah video dapat dirilis.

Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan mengatakan kebijakan praktis dan pertanyaan privasi perlu ditangani, serta biaya, pemeliharaan, penyimpanan dan pelatihan, sebelum penyebaran kamera secara luas dilakukan. Pengujian tidak akan menggunakan teknologi pengenalan wajah dan akan berakhir pada bulan Oktober.

Lokasi-lokasi tersebut adalah Detroit dan Eagle Pass, Texas; Bandara Internasional Hartfield-Jackson di Atlanta; Long Beach, California, dermaga; oleh unit patroli udara di Tucson, Arizona; unit patroli maritim di West Palm Beach, Florida, tim pengawasan maritim; dan oleh agen Patroli Perbatasan di Campo, California, Kingsville, Texas, dan Las Cruces, New Mexico.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement