Ahad 17 Jun 2018 00:30 WIB

Hungaria Sambut Baik Keputusan Italia Soal Kapal Migran

Keputusan Italia tolak kapal migran bawa perubahan kebijakan imigran Eropa

Rep: Marniati/ Red: Bilal Ramadhan
Kapal pengangkut imigran menuju Italia
Foto: cbc
Kapal pengangkut imigran menuju Italia

REPUBLIKA.CO.ID, BUDAPEST -- Perdana Menteri Hungaria Viktor Orban menyambut baik keputusan Italia yang tidak mengizinkan kapal migran mendarat di pelabuhannya. Ia mengatakan keputusan Italia menunjukkan keinginan negara itu untuk melindungi perbatasan maritim.

"Sangat menyedihkan untuk mendengar selama bertahun-tahun bahwa tidak mungkin untuk melindungi perbatasan maritim. Sekarang kekuatan akan kembali ke Italia,"kata Orban pada konferensi pers.

Orban menyampaikan komentarnya setelah pertemuan dengan pemimpin dari Slovakia, Peter Pellegrini. Orban mengatakan keputusan Italia untuk menolak kapal penyelamatan Aquarius, adalah momen besar yang kemungkinan membawa perubahan bagi kebijakan imigrasi Eropa.

Para migran sedang mempersiapkan perjalanan ke Spanyol, di mana perdana menteri baru negara itu telah menawarkan mereka ke pelabuhan yang aman. Sebelumnya kapal MV Aquarius, yang dioperasikan oleh Doctors Without Borders (MSF), ditolak oleh pemerintah kerakyatan Italia untuk merapat di wilayahnya.

"Mulai sekarang Italia mengatakan TIDAK kepada lalu lintas manusia, TIDAK untuk bisnis imigrasi ilegal," kata Kepala partai Liga sayap kanan dan menteri dalam negeri baru negara itu, Matteo Salvini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement