Rabu 08 Aug 2018 21:25 WIB

Saudi Tangguhkan Penerbangan dari dan Menuju Kanada

Saudi sedang berselisih diplomatik dengan Kanada.

Bendera Arab Saudi dan Kanada.
Foto: Al Bawaba
Bendera Arab Saudi dan Kanada.

REPUBLIKA.CO.ID, DUBAI -- Maskapai penerbangan nasional Arab Saudi, Saudia mengumumkan penerbangan-penerbangan ke dan dari Toronto, Kanada, ditangguhkan. Penangguhan itu merupakan langkah terkini yang diungkapkan Kerajaan tersebut di tengah perselisihan diplomatik dengan Kanada.

Pada Ahad (5/8) pagi, Kerajaan membekukan perdagangan dan investasi baru dengan Kanada setelah negara itu mendesak Saudi agar membebaskan sejumlah pegiat hak asasi manusia yang ditahan. Saudi juga menarik duta besarnya serta memberikan waktu 24 jam bagi duta besar Kanada untuk meninggalkan negara itu.

Seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri Kanada mengatakan Kanada sangat prihatin atas keputusan Arab Saudi tersebut, namun tidak akan menarik pernyataannya soal hak asasi manusia. "Kanada akan selalu menjunjung perlindungan untuk hak asasi manusia, termasuk hak-hak perempuan serta kebebasan berpendapat di seluruh dunia," kata juru bicara tersebut, Marie-Pier Baril.

AS Minta Saudi dan Kanada Pulihkan Hubungan

Pada Jumat pekan lalu, Kanada menyatakan prihatin atas penahanan para pegiat di Arab Saudi, termasuk juru kampanye terkemuka pembela hak perempuan, Samar Badawi. "Kami mendesak pihak berwenang Saudi segera membebaskan mereka dan seluruh pejuang hak asasi manusia yang menjalankan kegiatannya secara damai," kata departemen urusan diplomatik dan kekonsuleran Kanada, Global Affairs Kanada, melalui Twitter.

Riyadh menganggap pernyataan tersebut sebagai campur tangan terang-terangan terhadap urusan dalam negeri Kerajaan, juga pelanggaran terhadap norma-norma dasar internasional dan semua tata cara internasional.  Kerajaan akan menangguhkan program pertukaran pendidikan dengan Kanada serta mengalihkan pemberian beasiswa Saudi ke negara-negara lainnya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement