Friday, 4 Rajab 1441 / 28 February 2020

Friday, 4 Rajab 1441 / 28 February 2020

Dua Koper Mencurigakan di Bagasi Mobil Konsuler Saudi

Rabu 24 Oct 2018 11:59 WIB

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Nur Aini

Tampak luar konsulat Saudi Arabia di Istanbul, Turki, (20/10). Jurnalis Jamal Khashoggi diduga dibunuh dalam konsulat.

Tampak luar konsulat Saudi Arabia di Istanbul, Turki, (20/10). Jurnalis Jamal Khashoggi diduga dibunuh dalam konsulat.

Foto: AP
Koper besar setelah digeledah berisi pakaian yang akan diselidiki polisi Turki.

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL - Polisi Turki telah menemukan potongan pakaian di dalam dua koper yang terletak di bagasi mobil konsuler Saudi. Mobil tersebut sebelumnya sering digunakan oleh konsul jenderal Saudi dalam bertugas di Turki.

Mobil itu terlihat berada di luar gedung konsulat Arab Saudi di Istanbul tempat jurnalis Saudi, Jamal Khashoggi, menghilang pada 2 Oktober. Mobil tersebut ditemukan di sebuah tempat parkir di distrik Sultangazi, setelah diinformasikan seorang pembaca yang menelepon surat kabar Hurriyet.

Menurut sumber yang berbicara dengan Hurriyet, mobil Mercedes dengan pelat diplomatik 34 CC 1736 itu dibawa ke sebuah tempat parkir oleh salah satu atase konsulat pada 7 Oktober lalu. Atase itu diidentifikasi bernama Muhammed O.

“Kami tahu dia karena dia sering menggunakan tempat parkir kami. Namun, biasanya sopir Turki-nya yang menggunakan mobil ini. Tapi pada 7 Oktober, atase itu mengendarainya sendiri,” kata sumber itu.

Saat Turki dan masyarakat internasional masih mendiskusikan keberadaan Khashoggi, atase tersebut kembali ke tempat parkir itu pada 18 Oktober dengan membawa BMW berpelat diplomatik 34 CC 2665.

Ia memarkir BMW-nya di depan Mercedes dan menurunkan tiga koper, dua di antaranya cukup besar. Dengan bantuan salah satu petugas parkir, ia memasukkan koper-koper itu ke dalam bagasi Mercedes.

“Tubuh Khashoggi tidak ada di dalam koper, kan?” tanya petugas parkir itu kepada sang atase. "Dia (atase) tertawa dan menjawab tidak," kata sumber.

Sumber itu menambahkan, sebuah masker wajah jatuh di lantai saat mereka memasukkan koper ke dalam bagasi. "Atase itu mengambilnya dan meletakkannya di tempat sampah sebelum meninggalkan tempat parkir dengan mengendarai BMW," ujarnya.

“Saya sangat curiga. Saya mengambil masker itu dan menunjukkannya ke dokter. Dia mengatakan kepada saya bahwa itu adalah masker yang digunakan oleh mereka yang bekerja dengan bahan kimia berat. Saya sangat takut, saya langsung menyimpannya,” kata sumber.

Mercedes konsulat tetap berada di tempat parkir dengan koper yang mencurigakan di bagasinya. Ada juga kotak iPhone dan ketel, yang dapat dilihat di kursi belakangnya.

Polisi Turki pergi ke tempat parkir pada 22 Oktober tetapi tidak dapat menggeledah mobil itu karena alasan diplomatik. Setelah menerima surat pernyataan dari otoritas Saudi, pasukan keamanan kembali ke lokasi dan melakukan penggeledahan pada 23 Oktober.

Menurut temuan awal, dua koper penuh pakaian ditemukan di bagasi mobil itu. Pakaian akan dianalisis untuk mendapatkan jejak DNA.
Baca: Siapa Saja Terduga Pembunuh Khashoggi? Ini Profil Mereka

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA