Senin 03 Dec 2018 10:28 WIB

Paus: Gay tak Seharusnya Ikut Kepastoran Katolik

Paus menilai masalah homoseksualitas sangat serius.

Paus Francis
Foto:

Wawancara ini dilakukan pada pertengahan Agustus, dua pekan sebelum Uskup Agung Carlo Maria Vigano melemparkan Gereja dalam kekacauan. Pada 26 Agustus lalu mantan duta besar untuk Vitikan tersebut mengatakan ada 'jejaring kelompok homoseksual' yang saling membantu mempromosikan jabatan masing-masing di dalam Gereja.

Dia juga menuduh Paus mengabaikan tuduhan pelecehan seskual yang dilakukan mantan kardinal Amerika Theodore McCarrick kepada siswa seminari dewasa. Vatikan mengatakan tuduhan Uskup Agung Vigano penuh dengan fitnah dan penistaan.

Selama bertahun-tahun Gereja Katolik dihantui pelecehan seksual. Tuduhan ini muncul dari berbagai negara dari Amerika ke Australia, Irlandia, Belgia, Jerman dan Chile.

Pada Juli lalu McCarrick menjadi kardinal pertama yang mengundurkan diri sejak 100 tahun lalu. Ia mengundurkan diri setelah Gereja AS mengatakan tuduhan ia telah melakukan pelecehan seksual terhadap seorang anak laki-laki berusia 16 tahun lima puluh tahun yang lalu terbukti benar.

McCarrick mengatakan ia tidak pernah ingat tentang tuduhan pelecehan terhadap anak dibawah umur. Tapi ia memberi pernyataan puluhan tahun yang lalu ia pernah dituduh melakukan pelecehan seksual kepada siswa seminari.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement