Senin 03 Dec 2018 18:59 WIB

Hampir Satu Juta Warga Cina Ikut Tes CPNS

Posisi yang dibuka bagi pelamar pada tahun ini lebih sedikit.

Warga Cina.
Foto: Aly Song/Reuters
Warga Cina.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Tes penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Cina diikuti hampir satu juta orang. Badan Kepegawaian Sipil Cina (SACS) menyebutkan 920 ribu orang mengikuti tes penerimaan CPNS tahun ini untuk memperebutkan 14.500 formasi di kantor dan lembaga pemerintahan.

Ujian penerimaan tersebut dianggap sebagai salah satu tes yang paling kompetitif di Cina karena hanya satu dari setiap 63 kandidat yang bisa dipekerjakan di lembaga pemerintahan pada tahun ini, demikian media resmi setempat melaporkan, Senin (3/12).

Tes penerimaan pegawai pemerintah di Cina digelar setiap tahun. Posisi yang dibuka bagi pelamar pada tahun ini lebih sedikit.

Pada tahun lalu, pemerintah Cina membutuhkan 28 ribu pegawai baru dan sudah formasi tersebut semuanya sudah terisi. Selain menjalani ujian tulis pada Ahad (2/12), para pelamar harus menjalani tes sesuai bidang kebutuhan, seperti keuangan, keamanan publik, luar negeri, dan beberapa bidang lain yang membutuhkan tes lanjutan keterampilan profesi.

Pegawai pemerintah sipil masih menjadi profesi dambaan bagi sebagian besar masyarakat di negara berpenduduk 1,4 miliar jiwa tersebut. "Banyak orang ingin menjadi pegawai pemerintah sipil. Tapi persaingannya juga sangat ketat," kata seorang pegawia pemerintah sipil di Pemerintah Kota Guangzhou kepada Antara beberapa waktu lalu.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement