Selasa 23 Jul 2019 21:58 WIB

Beri Selamat ke Boris Johnson, Trump: Dia akan Jadi PM Hebat

Boris Johnson terpilih menjadi perdana menteri Inggris.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Teguh Firmansyah
Boris Johnson.
Foto: Reuters
Boris Johnson.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump memberi selamat kepada Boris Johnson, atas kemenangannya dalam perebutan kursi perdana menteri baru Inggris, pada Selasa (23/7). Trump menganggap Boris Johnson akan menjadi perdana menteri yang hebat.

"Selamat kepada Boris Johnson karena menjadi Perdana Menteri Inggris yang baru. Dia akan hebat!"  cicit Trump melalui Twitter, dilansir Channel News Asia, Selasa (23/7).

Baca Juga

Sebelumnya Trump telah menyatakan sebagai penggemar berat Johnson. Pada pekan lalu dia turut memperkirakan Johnson akan memperbaiki apa yang disebut Trump sebagai bencana 'Brexit' (British exit).

"Dia jenis orang yang berbeda, tetapi mereka mengatakan saya juga orang yang berbeda. Kita rukun. Saya pikir kita akan memiliki hubungan yang sangat baik," kata Trump kepada wartawan.

Johnson dan saingannya, Menteri Luar Negeri Jeremy Hunt, telah menghabiskan waktu pada bulan lalu untuk memenangkan dukungan dari anggota Partai Konservatif.

Johnson seorang mantan wali kota London mengundurkan diri sebagai menteri luar negeri setahun yang. Ia menjadi kandidat favorit untuk menggantikan May, dengan beberapa jajak pendapat menempatkannya pada sekitar 70 persen.

Dia akan mewarisi krisis politik atas keluarnya Inggris dari Uni Eropa. Johnson harus membujuk UE untuk menghidupkan kembali pembicaraan tentang kesepakatan penarikan, atau membawa Inggris keluar dalam ketidakpastian ekonomi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement