Monday, 19 Rabiul Akhir 1441 / 16 December 2019

Monday, 19 Rabiul Akhir 1441 / 16 December 2019

Komentar Pemeran Mulan Soal Hong Kong Tuai Kontroversi

Ahad 18 Aug 2019 12:38 WIB

Rep: Fergi Nadira/ Red: Nur Aini

Aktris Liu Yifei.

Aktris Liu Yifei.

Foto: EPA
Pemeran Mulan, Liu Yofei mendukung kepolisian Hong Kong.

REPUBLIKA.CO.ID, HONG KONG - Aktris kelahiran China yang membintangi film Disney "Mulan", Liu Yifei masuk ke dalam kontroversi protes Hong Kong beberapa waktu lalu. Ia menyatakan dukungan untuk polisi kota. Meski demonstran anti-pemerintah menuduh polisi menggunakan kekuatan yang berlebihan untuk memadamkan kerusuhan di Hong Konh.

Baca Juga

"Saya mendukung kepolisian Hong Kong. Anda semua dapat menyerang saya sekarang. Sayang sekali bagi Hong Kong," ujar Liu di Weibo, platform media sosial China mirip Twitter dilansir CNN.

Sontak, jagat media soisal menyerangnya. Orang-orang mulai memposting #BoycottMulan di Twitter. Beberapa jam kemudian, tagar itu menjadi tren di Hong Kong dan Amerika Serikat (AS) dengan 37.700 tweet diposting pada saat penulisan. Pengguna Twitter menuduh aktris itu mendukung kebrutalan polisi, dan menyebut fakta bahwa dia adalah warga negara Amerika.

"Liu adalah warga negara Amerika yang dinaturalisasi. Pasti menyenangkan. Sementara itu dia marah pada orang-orang yang memperjuangkan demokrasi," kata salah satu pengguna Twitter. 

Di sisi lain, Liu juga menerima banyak pujian di Weibo, platform dominan di China.  Hampir semua komentar di postingannya menggemakan dukungan untuk polisi Hong Kong dan Beijing. "Percaya pada pemerintah, percaya pada pusat China (pemerintah), percaya pada negara," tulis salah satu komentar.

Protes sudah dimulai sejak Juni sebagai demonstrasi massa yang awalnya damai kini berubah menjadi lebih keras. Sebab, sering terjadi bentrokan antara demonstran dan polisi.

Liu bukan satu-satunya selebritas China yang turut bersuara karena protes. Hong Kong Aktor Jackie Chan sebagai penduduk asli Hong Kong, menyerukan perdamaian di Hong Kong dalam sebuah wawancara dengan penyiar CCTV China. 

Tokoh-tokoh publik lainnya, aktor dan penyanyi seperti Tony Leung Ka-fai dan Daniel Chan juga menentang kekerasan dan vandalisme para pemrotes. Sementara Bintang pop Denise Ho keluar dengan dukungan kuat dari para pengunjuk rasa, dia bahkan memberikan pidato tentang protes di pertemuan PBB bulan lalu.

Selebriti di luar Hong Kong dan China juga ikut serta. Kim Eui Sung, aktor Korea Selatan yang membintangi film di 2016 Train to Busan, menyatakan dukungan untuk para pengunjuk rasa di Instagram. Ia menulis, "Kami melihat Anda, berdoa untukmu," #freehongkong. Setelah dibombardir dengan komentar kritis dan pro-Beijing, ia memposting foto lain, yakni foto Tank Man yang terkenal dari pembantaian Lapangan Tiananmen.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA