Rabu 30 Oct 2019 12:52 WIB

Raja Thailand Kembali Pecat Pejabat Istana karena Zina

Pekan lalu, Raja Thailand telah memecat selirnya karena cemburu.

Raja Thailand Maha Vajiralongkorn Bodindradebayavarangkun duduk bersama Ratu Suthida Vajiralongkorn Na Ayudhya di Ampornsan Throne Hall di Bangkok, Thailand, Rabu (1/5).
Foto: Bureau of the Royal Household via AP
Raja Thailand Maha Vajiralongkorn Bodindradebayavarangkun duduk bersama Ratu Suthida Vajiralongkorn Na Ayudhya di Ampornsan Throne Hall di Bangkok, Thailand, Rabu (1/5).

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKOK -- Raja Thailand Maha Vajiralongkorn kembali memecat empat pejabat istana, demikian dua pengumuman kerajaan, Selasa (29/10). Pengumuman itu menjadi guncangan terbaru menyusul pemecatan selir kerajaan pekan lalu.

Pada pengumuman pertama dua pejabat istana, yang diidentifikasi sebagai penjaga kamar tidur, dipecat lantaran perbuatan yang sangat keji dan perzinahan. Perbuatan tersebut melanggar kode etik anggota istana.

Baca Juga

Kemudian pengumuman lainnya, dua pejabat militer juga ikut dipecat karena teledor menjalankan tugas sebagai penjaga istana dan berperilaku tak pantas yang tak sesuai dengan jabatan dan gelar mereka. Pangkat dan gelar keempatnya dicopot.

Pemecatan pada Selasa itu menyusul diberhentikannya enam pejabat istana pekan lalu. Mereka dituduh melakukan pelanggaran berat yang membahayakan layanan kerajaan.

photo
Situs Thailand Royal Office mengunggah foto selir Raja Maha Vajiralongkorn, Mayor Jenderal Sineenatra Wongvajirabhakdi, Senin (26/8).

Sejak menerima takhta seusai kematian ayahnya pada 2016, Raja Vajiralongkorn terbukti menjadi raja konstitusional yang tegas. Dia turun tangan langsung menangani urusan kerajaan dan kekayaan yang melimpah serta memindahkan dua unit militer dari tentara untuk dikendalikan sendiri.

Pekan lalu, raja juga mencopot selir kerajaan yang disematkan kepada Sineenatra Wongvajirabhakdi, dalam sebuah pengumuman yang mengejutkan. Pemecatan itu terjadi hanya berselang beberapa bulan setelah menganugerahkan gelar resmi selir tersebut. Sineenatra dituding tidak patuh dan cemburu terhadap Ratu Suthida Bajrasudhabimalalakshana yang dinikahi Raja Vajiralongkorn pada Mei, beberapa hari sebelum penobatannya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement