Jumat 16 Dec 2022 05:59 WIB

Putri Tertua Raja Thailand Masuk Rumah Sakit

Kondisi Putri Bajrakitiyabha masih stabil.

Rep: Lintar Satria/ Red: Dwi Murdaningsih
Kerajaan Thailand
Foto: caedin.org
Kerajaan Thailand

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKOK -- Anak sulung Raja Thailand Maha Vajiralongkorn masuk rumah sakit karena masalah jantung. Kerajaan Thailand mengatakan kondisi Putri Bajrakitiyabha masih stabil.

Pada Kamis (15/12/2022) Kerajaan Thailand mengatakan putri berusia 44 tahun itu sakit setelah pingsan Rabu (14/12/2022) pagi di Provinsi Nakhon Ratchasima. Ia sempat dirawat di rumah sakit setempat.

Baca Juga

Kemudian ia diterbangkan ke Bangkok dengan helikopter saat kondisinya mulai stabil. Bajrakitiyabha anak pertama dari tiga anak Raja Vajiralongkorn yang memiliki gelar resmi.

Berdasarkan Hukum Suksesi Kerajaan 1926 dan konstitusi Thailand ia dapat memiliki hak untuk mendapatkan tahta. Raja Vajiralongkorn belum mengumumkan siapa yang akan menggantikannya.

Raja yang naik tahta pada tahun 2016 itu juga belum menggelar diskusi resmi mengenai kemungkinan putri menerima tahtanya. Bajrakitiyabha pernah bekerja dengan PBB dan menjabat sebagai Duta Besar Thailand untuk Austria, Slovenia dan Slovakia.

Kerajaan mengatakan ia pingsan saat sedang menghadiri kejuaraan anjing yang digelar angkatan bersenjata. Ia kini dirawat di Rumah Sa, Bangkok.

Sementara undang-undang suksesi istana menetapkan pewaris tahta harus laki-laki. Amandemen konstitusi 1974 mengizinkan putri kerajaan masuk garis pewaris bila tidak ada pewaris yang ditunjuk.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement