Jumat 14 Feb 2020 18:15 WIB

AS Minta Porsi Anggaran Pertahanan untuk Tembok Perbatasan

Dephan AS minta ke Kongres pindahkan anggaran militer untuk tembok pertahanan

Rep: Lintar Satria/ Red: Christiyaningsih
Presiden AS Donald Trump saat mengunjungi bagian baru tembok perbatasan dengan Meksiko di Calexico, Kalifornia. Dephan AS minta ke Kongres pindahkan anggaran militer untuk tembok pertahanan. Ilustrasi.
Foto: AP Photo/Jacquelyn Martin
Presiden AS Donald Trump saat mengunjungi bagian baru tembok perbatasan dengan Meksiko di Calexico, Kalifornia. Dephan AS minta ke Kongres pindahkan anggaran militer untuk tembok pertahanan. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON - Departemen Pertahanan (Dephan) Amerika Serikat (AS) mengirim permintaan ke Kongres untuk memindahkan anggaran militer senilai hampir empat miliar dolar AS ke anggaran tembok perbatasan dengan Meksiko. Tembok ini adalah janji Presiden Donald Trump dalam kampanyenya empat tahun yang lalu dan dilanjutkan dalam kampanye periode kedua.

Anggota parlemen AS mengatakan mereka sudah menerima permintaan untuk memindahkan anggaran untuk Garda Nasional dan senjata senilai 3,8 miliar dolar AS. Langkah ini tampaknya akan mendapat perlawanan keras dari Partai Demokrat.

Baca Juga

Salah satu staf Partai Demokrat mengatakan 1,5 miliar dolar AS berasal dari anggaran Garda Nasional. Sisanya dari anggaran program pembelian armada; pesawat jet F-35 Lockheed Martin, pesawat transportasi C-130 Lockheed Martin, pesawat patroli maritim Boeing P-80 Poseidon, pesawat terbang militer tiltrotor sayap tinggi Bell Boeing V-22 Osprey, dan program pembangunan kapal.

Anggota Partai Demokrat di Kongres menentang pengalihan anggaran untuk pembangunan tembok perbatasan. Mereka mengatakan keputusan ini berbahaya dan salah arah.

"Presiden Trump sekali lagi tidak menghormati pemisahan kekuasaan dan membahayakan keamanan kami dengan menyerbu sumber daya militer untuk membayar tembok perbatasannya yang sia-sia," kata anggota komite alokasi anggara House of Representative Nita Lowey dan subkomite alokasi anggaran Pete Visclosky, Jumat (14/2).

Kritik atas permintaan ini bipartisan. Petinggi Komite Angkatan Bersenjata House Mac Thornberry yang berasal dari Partai Republik mengatakan langkah Pentagon ini 'bertolak belakang dengan otoritas konstitusional Kongres'.

Pejabat Pentagon mengatakan Menteri Pertahanan Mark Esper sudah untuk mengalihkan anggaran sebesar 3,8 miliar dolar AS untuk tembok perbatasan. Bulan lalu Pentagon menerima permintaan dari pemerintahan Trump. Anggaran itu untuk membangun tembok sepanjang 435 kilometer yang menelan biaya sebesar 5,5 miliar dolar AS.

"Pengiriman anggaran berdasarkan apa yang diperbolehkan undang-undang dan barang yang akan didanai memiliki prioritas lebih tinggi dari pada barang yang dimaksudnya sebelumnya," kata Wakil Asisten Sekretaris Integrasi Pertahanan Tanah Air, Robert Salesses. 

Lembaga swadaya masyarakat American Civil Liberties Union (ACLU) akan menggugat pengalihan anggaran untuk tembok ini. Pemerintah Trump berjanji untuk membangun tembok sepanjang 640 kilometer di perbatasan dengan Meksiko.

Pada 2016 lalu Trump mengatakan Meksiko yang akan membiayai tembok tersebut. Pemerintah Meksiko sudah menyatakan menolak untuk membiayainya.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement