Jumat 13 Mar 2020 10:21 WIB

Gabon dan Ghana Konfirmasi Kasus Pertama Virus Corona

Kawasan Afrika belum terlalu terpukul kasus virus corona dibanding Eropa dan China.

Red: Nur Aini
Virus corona (ilustrasi).(www.freepik.com)
Foto: www.freepik.com
Virus corona (ilustrasi).(www.freepik.com)

REPUBLIKA.CO.ID, LIBREVILLE -- Gabon dan Ghana mengonfirmasi kasus pertama virus corona pada Kamis (12/3), menjadikannya negara ke-9 dan ke-10 di Sub-Sahara Afrika yang terinfeksi virus tersebut.

Kawasan Afrika sejauh ini tidak terlalu terpukul akibat virus corona dibandingkan Eropa atau China. Pantai Gading, Nigeria, Senegal, Kamerun, Togo, Afrika Selatan, Burkina Faso, dan Republik Demokratik Kongo juga telah mencatat kasus virus corona.

Baca Juga

Dalam sebuah pernyataan, pemerintah Gabon mengatakan kasus pertamanya adalah seorang lelaki Gabon berusia 27 tahun yang kembali dari Prancis pada 8 Maret. Kementerian kesehatan Ghana mengatakan dua kasusnya adalah orang-orang yang baru kembali dari Norwegia dan Turki.

"Ini adalah kasus impor Covid-19. Kedua pasien saat ini telah diisolasi dan dalam kondisi stabil," kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan.

Menurut penghitungan Reuters, lebih dari 127.000 orang telah terinfeksi secara global dan lebih dari 4.700 orang meninggal dunia sejak virus pertama kali muncul di China akhir tahun lalu. Afrika Sub-Sahara tidak mengkonfirmasi infeksi virus corona pertamanya hingga 28 Februari di Nigeria. Tetapi, para ahli memperingatkan bahwa meningkatnya kasus dapat menguji sistem kesehatan yang sudah rapuh di wilayah itu.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement