Selasa 10 Nov 2020 06:02 WIB

Saudi Kembali Buka Sekolah Mengemudi Wanita Awal 2021

Pemohon lisensi mengemudi bagi perempuan mencapai 84 persen.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Perempuan Saudi mengemudi
Foto: youtube
Perempuan Saudi mengemudi

REPUBLIKA.CO.ID, JEDDAH -- Surat kabar Al-Watan melaporkan  akan ada lebih banyak sekolah mengemudi untuk wanita di berbagai wilayah Kerajaan Arab Saudi selama awal tahun 2021. Nantinya, akan ada lebih banyak wanita yang diizinkan menggunakan fasilitas di sekolah mengemudi untuk pria.

Menurut sumber, pembukaan sekolah mengemudi ini bertujuan mengurangi kepadatan di sekolah mengemudi perempuan. Selain itu juga untuk memfasilitasi penerbitan surat izin mengemudi yang lebih banyak bagi pemohon perempuan.

Baca Juga

Berdasarkan laporan Badan Pusat Statistik menunjukkan jumlah surat izin mengemudi yang dikeluarkan bagi perempuan selama periode 24 Juni 2018 hingga Januari 2020 mencapai 174.624. Pemegang SIM perempuan Saudi berkontribusi 84,8 persen.

Dikutip Saudi Gazette, Senin (9/11), sekitar 47,7 persen lisensi dikeluarkan di wilayah Riyadh. Provinsi Timur berada di sebelahnya mengeluarkan 27,9 persen lisensi diterbitkan. Sedangkan wilayah Makkah mengeluarkan 14,4 persen lisensi.

Saat ini, ada lima sekolah mengemudi wanita di Kerajaan. Semuanya berada di Riyadh, Jeddah, Dammam, Madinah dan Tabuk. Ada 21 situs untuk penerbitan lisensi setelah mengubah lisensi asing di berbagai wilayah Kerajaan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement