Jumat 11 Dec 2020 16:26 WIB

Joe Biden dan Kamala Harris Person of The Year Versi Time

Biden dan Kamala menyingkirkan Donald Trump yang juga dinominasikan majalah Time

Rep: Dwina Agustin/ Red: Christiyaningsih
Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Wakil Presiden terpilih Kamala Harris bersama-sama dinobatkan sebagai Person of the Year 2020 versi majalah Time.
Foto: AP/Carolyn Kaster
Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Wakil Presiden terpilih Kamala Harris bersama-sama dinobatkan sebagai Person of the Year 2020 versi majalah Time.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Wakil Presiden terpilih Kamala Harris bersama-sama dinobatkan sebagai Person of the Year 2020 versi majalah Time pada Kamis (10/12). Mereka berhasil menyingkirkan Donald Trump yang juga dinominasikan.

Penetapan mantan wakil presiden era Barack Obama ini dan senator Kalifornia ini menurut Time bersama-sama menawarkan pemulihan dan pembaruan dalam satu tiket. Pemimpin redaksi dan CEO Time Edward Felsenthal memuji para pemenang karena berhasil dalam debat eksistensial tentang realitas yang sedang tempati.

Baca Juga

Felsenthal menyinggung kondisi kampanye kepresidenan AS yang paling kacau di zaman modern. Terlebih lagi dengan pergolakan pandemi mematikan, kehancuran ekonomi, dan perhitungan nasional yang dilanda perselisihan dengan rasisme. Namun, akhirnya Biden dan Harris menang dalam pemilihan yang menarik jumlah pemilih tertinggi dalam satu abad.

"Untuk mengubah cerita Amerika, untuk menunjukkan bahwa kekuatan empati lebih besar daripada kemurkaan perpecahan, untuk berbagi visi penyembuhan di dunia yang berduka, Joe Biden dan Kamala Harris adalah Person of the Year 2020 dari Time," kata majalah itu dalam profil pasangan itu yang dipublikasikan secara daring.

Time menyatakan Trump yang menjadi presiden AS ke-45 dan Person of the Year 2016 dari Time termasuk di antara tiga finalis lainnya yang ikut dicalonkan tahun ini. Dua sosok lainnya adalah kandidat kelompok yaitu petugas kesehatan yang memerangi pandemi Covid-19 dan peserta dalam gerakan keadilan rasial yang dipicu oleh pembunuhan 25 Mei terhadap George Floyd. George Floyd adalah seorang pria kulit hitam yang meninggal setelah seorang petugas kulit putih Minneapolis berlutut di lehernya selama hampir sembilan menit.

Person of the Year biasanya seorang individu, tetapi beberapa orang telah diberikan kehormatan itu dalam satu kesempatan di masa lalu. Judulnya adalah satu, menurut majalah tersebut, tetapi itu menandakan siapa yang paling memengaruhi berita atau kehidupan, menjadi lebih baik atau lebih buruk.

Majalah ini memulai tradisinya pada 1927. Aktivis iklim remaja Greta Thunberg tahun lalu menjadi pemenang penghargaan individu termuda. Bersamaan dengan penghargaan Person of the Year, majalah Time menobatkan grup pop Korea BTS sebagai Entertainer of the Year dan bintang bola basket LeBron James dinobatkan sebagai Athlete of the Year.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement