Selasa 05 Jan 2021 22:39 WIB

Israel Bongkar Rumah Penduduk Palestina di Silwan

Izin mendirikan rumah warga Palestina ditolak Israel

Rep: Fergi Nadira/ Red: Nur Aini
Israel bongkar rumah warga Palestina, ilustrasi
Foto:

Pada 2020 saja, PBB mencatat 170 penghancuran di Yerusalem Timur saja dan 644 di Area C Tepi Barat yang diduduki. Angka tersebut menunjukkan bahwa ini adalah jumlah pembongkaran tertinggi kedua setelah 2016 sejak PBB mulai mencatat pembongkaran di wilayah Palestina yang diduduki pada 2009.

Pembekuan pembongkaran rumah berpenghuni di Yerusalem Timur mulai berlaku pada 1 Oktober untuk mengekang penyebaran pandemi virus corona atau Covid-19. Namun, kotamadya Yerusalem tiba-tiba menghentikan pembekuan pada 11 November.

Sementara itu, Silwan yang terletak di selatan tembok Kota Tua telah menjadi sasaran pemukim religius ultranasionalis yang sering memberikan pengaruh atas kota Yerusalem. "Ini menjadi masalah ketika Anda memiliki ekstremis baik di dalam kota maupun di tingkat nasional, seorang PM yang mencoba untuk membuktikan dirinya," kata Wharton.

Sekitar 30 ribu warga Palestina tinggal di Silwan. Banyak dari para penduduk tinggal di rumah di bawah standar dengan insfrastruktur yang buruk.

Sekitar 500 pemukim Yahudi tinggal di permukiman yang tersebar di Silwan. The City of David Foundation, sebuah LSM Israel yang umumnya dikenal sebagai El-Ad (singkatan bahasa Ibrani untuk "To the City of David", didirikan pada 1986 untuk memajukan klaim teritorial melalui arkeologi dan perumahan bagi para pemukim di Silwan.

Pada pertengahan 90-an, situs itu disub-kontrakkan untuk menjalankan City of David Park, yang bermaksud untuk diperluas dari Wadi Hilweh dekat Al-Bustan. Kotamadya Yerusalem secara resmi mengubah nama Al-Bustan menjadi Gan Hamelekh (Taman Raja) dengan alasan bahwa itu adalah taman untuk raja-raja Israel ribuan tahun yang lalu.

Penduduk Palestina di wilayah Al-Bustan secara konsisten memiliki permintaan izin bangunan yang ditolak oleh pemerintah kota karena dianggap sebagai area lanskap terbuka di bawah skema yang disebut Lembah Raja.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement