Rabu 06 Jan 2021 03:10 WIB

Mengharukan, Dokter Bebaskan Utang Pengobatan Pasien Kanker

Seorang dokter onkologi anggap lunas utang 200 pasiennya sebesar 650 ribu dolar AS.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Dokter ahli onkologi yang berbasis di Arkansas, AS, dr Omar Atiq dan istrinya Mehreen. Keduanya sepakat membebaskan tagihan biaya perawatan pasiennya di Arkansas Cancer Clinic. .
Foto:

Bea Cheesman, presiden RMC of America, perusahaan penagihan yang bekerja dengan Atiq untuk membebaskan utang pasiennya, menyebut keputusan itu sebagai "sikap yang sangat baik." Menurutnya, dr Atiq adalah individu yang sangat perhatian dan dia selalu sangat mudah diajak bekerja sama sebagai klien.

"Secara pribadi, saya pikir itu adalah hal yang luar biasa yang dia dan keluarganya lakukan. Menghapus utang ini besar artinya karena orang-orang dengan tagihan onkologi memiliki lebih banyak tantangan daripada sebagian besar populasi," komentar Cheesman.

Atiq, profesor di University of Arkansas untuk Ilmu Kedokteran di Little Rock, dan istrinya adalah orang tua dari empat anak yang semuanya adalah dokter atau tengah kuliah kedokteran. Atiq mengatakan bahwa dia bukan satu-satunya dokter yang berharap pasien tidak perlu khawatir tentang biaya perawatan.

"Salah satu hal yang selalu mengganggu setiap dokter adalah melihat pasien yang sakit harus mengkhawatirkan hal-hal selain mereka menjadi sehat atau menjadi lebih baik," tuturnya.

Atiq mengatakan, kliniknya, Arkansas Cancer Institute, tidak pernah menolak orang karena kurangnya asuransi atau kurangnya dana. Harapannya untuk pasiennya yang sekarang bebas utang adalah mereka memasuki tahun 2021 dengan hidup mereka sedikit lebih mudah.

"Saya hanya berharap ini membuat hidup mereka sedikit lebih mudah. ​​Itu saja. Saya hanya berharap hal itu membuat mereka sedikit lega dan mempermudah mereka sehingga mereka dapat menghadapi tantangan lain yang mungkin mereka hadapi dalam hidup mereka," tuturnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement