Rabu 06 Jan 2021 05:37 WIB

5 Senjata Angkatan Darat AS yang Layak Diperhitungkan

Kecanggihan senjata pabrikan AS tidak diakui dunia.

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Ani Nursalikah
5 Senjata Angkatan Darat AS yang Layak Diperhitungkan. Helikopter AH-64 Apache Longbow.
Foto:

3. M-109A6 Paladin

Howitzer self-propelled Angkatan Darat AS baru-baru ini mengambil kendali dalam perang kecil Amerika. Meskipun demikian, alutsista ini tetap menjadi senjata yang sangat ampuh.

Paladin adalah versi terbaru dari senjata self-propelled M-109. Ia dapat menembakkan peluru 155 milimeter hingga 20 mil menggunakan proyektil yang dibantu roket. Itu juga dapat menembakkan shell Excalibur yang dipandu GPS atau laser.

photo
Howitzer self-propelled Angkatan Darat AS, M-109A6 Paladin. - (Youtube)

 

4. Rudal Anti-Tank TOW

Dalam perlombaan senjata, Rusia dengan rudal anti-tank memang menjadi pemimpin saat ini. Hal itu juga menjadi cerminan pola penjualan senjata baru-baru ini. Namun demikian, AS melalui Angkatan Daratnya, juga tidak ciut atas persaingan tank dengan Rusia.

Rudal anti-tank TOW (tube-launch, optically tracked, wire-guided) milik Angkatan Darat AS masih kuat setelah hampir 45 tahun bersiaga. Alat militer ini telah menghancurkan tank — kebanyakan milik Rusia — di Vietnam, Perang Arab-Israel, Perang Iran-Irak dan sekarang Suriah. TOW 2B yang lebih baru hadir dalam beberapa versi, termasuk rudal penghancur bunker, serta model Aero, yang meledak di atas tank untuk menembus lapis baja tipisnya.

photo
Rudal anti-tank TOW (tube-launch, optically tracked, wire-guided) milik Angkatan Darat AS masih kuat setelah hampir 45 tahun bersiaga. - (Business Insider)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement