Rabu 06 Jan 2021 14:03 WIB

Infeksi Lokal Naik, China Perketat Pembatasan

China berupaya mencegah munculnya gelombang baru virus Corona.

virus corona (ilustrasi).
Foto:

Otoritas di Dalian, di Provinsi Liaoning, tempat infeksi Covid-19 baru telah dilaporkan dalam beberapa hari terakhir, juga melarang penduduk melakukan perjalanan tidak esensial ke luar Dalian.

Otoritas lokal kerap mengimplementasikan kombinasi dari berbagai upaya termasuk tes besar-besaran, menutup sekolah-sekolah dan membatasi perjalanan di area klaster pasien Covid-19 baru. Pejabat China bea cukai China juga melaksanakan inspeksi rutin terhadap barang-barang impor untuk memeriksa jejak virus Corona.

Pada saat yang sama, China telah berusaha untuk membentuk kembali naratif terkait kapan dan di mana pandemi dimulai. Beijing juga telah menolak tuduhan adanya kesalahan penanganan terkait wabah Covid-19 di negara itu.

Kepala Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Selasa mengatakan dirinya "sangat kecewa" karena China masih belum memberikan izin terhadap satu tim ahli internasional yang ditugaskan untuk meneliti asal muasal virus corona di negara tersebut.

Tim yang berisikan 10 orang itu dijadwalkan untuk berangkat pada awal Januari untuk melacak kasus-kasus awal virus Corona. "Dua anggota tim telah berangkat namun telah kembali pergi dan mengunjungi negara ketiga," kata kepala bagian kedaruratan WHO Mike Ryan.

Kementerian Luar Negeri China tidak langsung merespons permintaan komentar dari Reuters terkait tim WHO yang tidak bisa masuk ke China.

sumber : Reuters/antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement