Rabu 06 Jan 2021 15:03 WIB

Xi Jinping Perintahkan Militer China Tingkatkan Siap Tempur

Xi ingin militer dapat bertindak setiap saat.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Teguh Firmansyah
 Screengrab Presiden China Xi Jinping.
Foto:

Pelatihan ini termasuk penggunaan simulasi komputer dan pertempuran daring, serta eksplorasi lebih banyak peluang untuk menambahkan teknologi tinggi dan internet - yang dikenal sebagai teknologi + dan web + - dalam pelatihan. "(PLA harus) meningkatkan integrasi peralatan baru, pasukan baru, dan medan tempur baru ke dalam sistem pelatihan dan tempur," katanya.

Tahun lalu, pada Juni 2020, China memiliki pengalaman pahit dengan India di Lembah Galwan. Saat itu, sejumlah tentara Cina yang dirahasiakan jumlahnya tewas. Pertarungan dengan kekerasan terjadi antara tentara India dan China ketika sejumlah besar Angkatan Darat Cina melanggar ke pihak India.

Laman South China Morning Post (SCMP) melaporkan, bahwa sejak mengambil alih sebagai presiden dan kepala CMC pada akhir 2012, Xi secara konsisten mendorong PLA untuk bersiap menghadapi perang. Dia juga memulai perombakan besar-besaran PLA pada 2015 untuk memodernisasi militer Cina, yang direncanakan selesai pada 2020.

Untuk menaklukan Amerika Serikat (AS) di Laut Cina Selatan, PLA juga juga meningkatkan latihan dan operasi terbang dengan angkatan udara yang menargetkan Taiwan selama 2020.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement