Kamis 14 Jan 2021 15:27 WIB

Varian Baru Covid-19 Ditemukan di Wisconsin

Wisconsin berharap tak sampai terjadi penyebaran varian baru Covid-19 di komunitas.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Reiny Dwinanda
Virus corona tipe baru penyebab Covid-19 (Ilustrasi). Virus corona yang telah bermutasi ditemukan di Inggris dan menyebar ke Wisconsin, Amerika Serikat.
Foto:

Varian ini pertama kali ditemukan di Inggris pada November dan Desember. Sejak itu, galur virus tersebut muncul di Colorado, California, Florida, Minnesota, New York, dan Georgia.

Pejabat kesehatan mengatakan, varian ini lebih mudah menular. Westergaard menyebut, para peneliti meyakini itu hampir dua kali lebih menular dari virus Covid-19 asli, tetapi tidak lebih mematikan. Menurut mereka, vaksin seharusnya efektif melawannya.

Westergaard mengatakan, para peneliti tidak yakin mengapa varian itu lebih menular. Bisa jadi, virusnya mungkin menempel lebih erat ke reseptor sel di tubuh atau mungkin membutuhkan lebih sedikit partikel varian untuk menyebabkan infeksi daripada virus Covid-19 asli.

Hanya sekitar satu persen dari tes positif Covid-19 di negara bagian tersebut yang secara rutin diurutkan genomnya, yang berarti variannya bisa lebih luas daripada yang disadari siapa pun. Westergaard memperingatkan warga untuk terus memakai masker, menjaga jarak secara sosial dan menghindari pertemuan.

"Ini bisa menyebar dengan cara yang lebih umum. Apakah lebih banyak di luar sana? Kami tidak memiliki cukup data untuk memperkirakan seberapa umum hal itu, tetapi mungkin lebih dari yang kami ketahui." jelas Westergaard.

Jumlah infeksi Covid-19 di Wisconsin itu terus menurun untuk hari kelima berturut-turut. Pejabat kesehatan negara bagian melaporkan 2.134 kasus yang baru dikonfirmasi dan 37 kematian lagi pada hari Rabu.  

Wisconsin sekarang telah mengalami 513.270 infeksi dan 5.248 kematian sejak pandemi dimulai pada Maret. Sekitar 28.000 kasus aktif hingga Rabu. Tingkat kematian tetap di satu persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement