Jumat 15 Jan 2021 17:52 WIB

Cina Dukung Indonesia Jadi Pusat Produksi Vaksin Regional

Pemerintah Cina mendukung upaya Indonesia menjadi pusat produksi vaksin regional.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Yudha Manggala P Putra
 Foto selebaran yang disediakan oleh Istana Kepresidenan Indonesia menunjukkan pejabat yang memeriksa vaksin COVID-19 dari China Sinovac Biotech Ltd, di perusahaan farmasi milik negara PT Bio Farma di Bandung, Jawa Barat, Indonesia, 06 Desember 2020. Negara telah menerima 1,2 juta dosis vaksin, yang dipesan dari Sinovac Biotech Ltd.
Foto:

Selain itu, Cina juga berkontribusi untuk ASEAN Covid-19 Response Fund. "Dari sisi bilateral, sejak awal pandemi, kita telah melakukan kerja sama dengan berbagai negara, termasuk RRT (Republik Rakyat Tiongkok), baik di bidang penyediaan alat diagnostik, terapeutik, dan vaksin," kata Retno dalam konferensi pers bersama Wang Yi pada Rabu (13/1).

"Ke depan, saya menyampaikan kepada State Councillor Wang Yi, rencana Indonesia untuk membangun ketahanan kesehatan nasional, antara lain, melalui kemandirian industri obat, bahan baku, dan alat kesehatan. Indonesia bermaksud menjalin kerja sama dengan RRT dan negara lain, terkait rencana ini," ujar Retno.

Selain itu, Retno dan Wang turut membahas kerja sama ekonomi. Retno mengatakan, kunci kerja sama ekonomi adalah saling menguntungkan. "Dalam pertemuan bilateral tadi, saya menekankan kembali beberapa hal terkait kerja sama ekonomi. Pertama, perlu terus diupayakan perdagangan yang meningkat dan lebih seimbang," ucapnya.

Terkait hal itu, Retno menyambut baik naiknya ekspor Indonesia ke Cina sebesar lebih dari 10 persen tahun lalu. Padahal, perekonomian global sedang terguncang akibat pandemi Covid-19.

Retno turut menekankan pentingnya menghilangkan hambatan dalam perdagangan. "Terutama, saya sebutkan akses pasar bagi ekspor unggulan Indonesia ke Tiongkok, misalnya, produk perikanan, buah tropis, sarang burung walet, dan tentunya kelapa sawit," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement