Rabu 27 Jan 2021 17:17 WIB

Myanmar Mulai Vaksinasi Covid-19 dengan 1,5 Juta Dosis

Tenaga kesehatan dan relawan medis jadi yang pertama terima vaksin di Myanmar

Red: Nur Aini
 Petugas kesehatan yang mengenakan APD (Alat pelindung diri) bersiap untuk melakukan tes swab COVID-19 di jalan tol Yangon-Mandalay di Yangon, Myanmar, 13 Oktober 2020. Otoritas Yangon mengizinkan truk barang untuk menggunakan jalan tol Yangon-Mandalay, jika pengemudi dan asistennya tes COVID-19 negatif. Myanmar memperpanjang periode penguncian virus korona untuk Yangon, yang merupakan pusat wabah di negara itu, untuk mengekang penyebaran infeksi setelah lonjakan kasus virus korona.
Foto:

Sistem perawatan kesehatan Myanmar yang rapuh sangat bergantung pada ribuan sukarelawan untuk membantu selama pandemi. Phone Min Khant, relawan lainnya, mengatakan dia merasa senang mendapatkan vaksin dan senang bahwa Myanmar adalah salah satu negara pertama di Asia Tenggara yang meluncurkan program imunisasi. 

Kelompok berikutnya yang akan disuntik vaksin adalah anggota parlemen pada Jumat (28/1) dan Sabtu (29/1), kata kementerian kesehatan. Myanmar memiliki target ambisius untuk memvaksinasi seluruh penduduk yang berjumlah sekitar 54 juta orang tahun ini.

Kementerian Kesehatan Myanmar mengatakan hingga 30 juta dosis tambahan vaksin AstraZeneca telah dipesan dan dua juta lainnya akan tiba pada minggu pertama Februari. Selain itu, Menteri Luar Negeri China Wang Yi selama kunjungan bulan ini menjanjikan Myanmar 300.000 dosis vaksin Covid-19 buatan China.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement