Rabu 10 Feb 2021 09:35 WIB

PBB Dorong Perubahan Aturan Pencari Suaka di AS

Pemerintahan Biden berniat memulihkan program pengajuan suaka di Amerika Serikat.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Yudha Manggala P Putra
Sejumlah imigran pencari suaka dari berbagai negara berunjukrasa. Ilustrasi
Foto:

Pemerintah Biden telah menangguhkan perjanjian 2019 dengan Guatemala, Honduras, dan El Salvador yang memaksa pencari suaka mencari perlindungan terlebih dahulu di negara-negara tersebut, sebelum mendaftar di AS.

Selain itu, Grandi berhasil melakukan kerja sama dengan Kolombia dengan membuat negara itu mengizinkan migran Venezuela untuk mencari status perlindungan sementara untuk jangka waktu 10 tahun. Aturan baru memungkinkan warga Venezuela yang sudah berada di negara itu dan mereka yang tiba selama dua tahun pertama skema untuk mengajukan status.

Grandi menyatakan, PBB akan meningkatkan upayanya untuk membantu Kolombia mempersiapkan potensi peningkatan imigran Venezuela. "Kami pasti meningkatkan upaya kami. Ada berbagai intervensi yang kami lakukan, tetapi kami juga membantu pemerintah di tingkat hukum dan kelembagaan untuk memperkuat persiapan ini," ujarnya.

Badan migrasi Kolombia memperkirakan sebanyak 2,5 juta warga Venezuela dapat memperoleh manfaat dari perlindungan sementara, termasuk sekitar 770.000 proyek yang mungkin tiba selama dua tahun ke depan. Dari lebih dari 1,7 juta imigran Venezuela yang saat ini berada di Kolombia, lebih dari 50 persen tidak memiliki status hukum.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement