Jumat 19 Feb 2021 17:04 WIB

Ini Jumlah Tentara China yang Gugur oleh Pasukan India

Pemerintah China menyebut tentaranya yang terbunuh heroik.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Teguh Firmansyah
Jejak perang mematikan China versus India.
Foto:

Para tentara dilaporkan bertempur dengan batu dan pentungan bertabur paku. Itu adalah bentrokan mematikan pertama di wilayah perbatasan yang disengketakan dalam 45 tahun.

Sebelumnya India mengatakan bahwa 20 tentaranya tewas dalam bentrokan tahun lalu di Ladakh. Sementara Beijing saat itu mengakui adanya korban tetapi tidak mengungkapkan rinciannya. India dan Cina telah terkunci dalam sengketa perbatasan selama beberapa dekade.

Akar penyebab ketegangan adalah perbatasan sengketa sepanjang 3.440 kilometer (2.100 mil) yang tidak jelas yang disebut dan disebut Line of Actual Control. Sungai, danau, dan lapisan salju di sepanjang perbatasan berarti garis dapat bergeser, membawa tentara berhadapan di banyak titik, sehingga memicu konfrontasi. Namun kedua negara memiliki kesepakatan lama untuk tidak menggunakan senjata atau bahan peledak di sepanjang perbatasan.

Pada Januari tahun ini, kedua tentara juga bentrok di sepanjang perbatasan di timur laut di negara bagian Sikkim India yang menyebabkan pasukan di kedua belah pihak terluka. Namun India dan China sejak itu sepakat untuk melepaskan diri dari perbatasan sekarang di tengah-tengah menarik kembali pasukan dari sebagian perbatasan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement