Senin 22 Feb 2021 16:45 WIB

Australia Selidiki Kasus Pemerkosaan di Parlemen

Tiga kasus pemerkosaan dilaporkan terjadi di lingkungan kerja parlemen Australia

Rep: Lintar Satria/ Red: Nur Aini
Bendera Australia.
Foto:

Menambah tekanan bagi pemerintah Morrison, surat kabar Australia mempublikasikan pengakuan perempuan ketiga yang juga diperkosa oleh seorang pegawai Partai Liberal. Pemerkosaan tahun 2016 itu terjadi pada 29 Juni malam dan 30 Juni pagi.

"Saya yakin tindakannya itu masuk pelecehan seksual, sebab ia melakukan atau mencoba melakukan tindakan seksual terhadap saya di saat saya mabuk berat dan tidak dapat memberikan atau menyampaikan persetujuan yang valid," kata perempuan yang tidak disebutkan namanya itu.

Perempuan itu mengatakan insiden tersebut terjadi di luar gedung parlemen. Partai Liberal yang berkuasa sudah dihujani kritikan mengenai perilaku mereka terhadap perempuan.

Kini serangan terhadap mereka semakin intensif terutama mengenai buruknya partai itu menangani keluhan internal yang disampaikan Higgins ke Linda Reynolds yang kini menjabat sebagai Menteri Pertahanan. Higgins mengatakan merasa ditekan bila mengajukan laporan resmi ia akan kehilangan pekerjaan.

Pekan lalu Reynolds meminta maaf pada Higgins. Tetapi membantah ia atau stafnya menekan perempuan tersebut agar tidak mengajukan laporan resmi. Morrison mengaku baru mengetahui laporan tersebut pekan lalu dan berusaha menenangkan kemarahan masyarakat dengan menggelar penyelidikan. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement