Rabu 24 Feb 2021 17:11 WIB

AS-Kanada Sepakat Capai Nol Persen Emisi pada 2050

Kanada akan "bekerja sama dalam penyelarasan kebijakan" emisi nol persen dengan AS

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nur Aini
Emisi Karbon
Foto:

Awal bulan ini Trudeau mengatakan bahwa AS tertarik untuk meningatkan impor hidro. Dalam wawancara terpisah, Menteri Lingkungan Wilkinson mengatakan bahwa menggabungkan energi bersih Kanada dengan tenaga angin, matahari, dan panas bumi AS adalah prioritas untuk pembicaraan awal antara kedua negara. 

Biden dan Trudeau melakukan pertemuan bilateral untuk pertama kalinya secara virtual pada Selasa (23/2). Dalam pertemuan yang berlangsung selama dua jam itu, kedua pemimpin negara sepakat untuk menjalin kerja sama dalam menangani Covid-19, perubahan iklim, serta pengungsi dan migrasi.

Biden dan Wakil Presiden Kamala Harris beserta pejabat lainnya duduk di ruang rapat Gedung Putih. Di hadapan mereka tampak layar video besar yang menampilkan gambar Trudeau bersama pejabat Kanada lainnya. Dalam pertemuan virtual itu, Biden menyatakan bahwa Kanada adalah teman dekat AS.

"Amerika Serikat tidak memiliki teman dekat, tidak ada teman dekat selain Kanada. Itulah mengapa Anda menjadi orang pertama yang saya telepon sebagai presiden (dan) pertemuan bilateral pertama saya," ujar Biden.

Truedau adalah pemimpin negara pertama yang mengucapkan selamat kepada Biden setelah dia dinyatakan menang dalam pemilihan presiden AS pada November 2020. Trudeau menyebut hubungan AS-Kanada sebagai "salah satu persahabatan terkuat dan terdalam antara dua negara". 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement