Senin 01 Mar 2021 20:19 WIB

China Tepis Kritik Tentang Uighur Lewat Konten Video

Pejabat China menyebut nama dan mengungkapkan data medis pribadi perempuan Xinjiang

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nur Aini
Peta Xinjiang, China
Foto:

China berada di bawah tekanan global atas perlakuannya terhadap minoritas Muslim di Xinjiang. Menurut perkiraan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sekitar satu juta orang Uighur telah ditahan di kamp-kamp interniran di Xinjiang. Pemerintah China menyebut kamp-kamp itu sebagai pusat kampanye untuk melawan terorisme. Sejumlah aktivis dan politisi Barat menyatakan, China telah melakukan penyiksaan, kerja paksa, dan sterilisasi terhadap minoritas Muslim Uighur. 

China menghadapi sejumlah sanksi, seperti larangan pembelian kapas dan tomat Xinjiang oleh Amerika Serikat (AS). Selain itu, beberapa anggota parlemen Barat memboikot Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022. Beijing telah menolak seruan untuk penyelidikan PBB yang independen terhadap program interniran di Xinjiang. 

Jurnalis dan diplomat tidak diizinkan mengakses kamp di luar tur pemerintah yang dikontrol ketat. Warga Uighur di Xinjiang mengatakan kepada Reuters bahwa, mereka takut akan mendapatkan pembalasan karena berbicara kepada pers saat berada di China.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement