Selasa 23 Mar 2021 00:41 WIB

Kebakaran Besar Landa Kamp Pengungsi Rohingya

Pejabat dan saksi mata melaporkan bahwa api menghancurkan ribuan kamp.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Teguh Firmansyah
Kebakaran/ilustrasi
Foto:

Mohammed Shamsud Douza, wakil pejabat pemerintah Bangladesh yang bertanggung jawab atas pengungsi mengatakan pihaknya mencoba mengendalikan kobaran api.

Api besar lainnya menerpa kamp pada Januari. Akibatnya banyak rumah hancur namun tidak ada korban jiwa.

Direktur Save the Children di Bangladesh, Onno Van Manen menilai, risioko kebakaran di kamp-kamp berpenduduk padat itu tinggi, dan kebakaran Senin adalah yang terbesar. "Ini merupakan pukulan telak bagi pengungsi Rohingya yang tinggal di sini.  Beberapa hari yang lalu kami kehilangan salah satu fasilitas kesehatan kami dalam kebakaran lain," katanya.

UNHCR mengatakan mitra kemanusiaan telah memobilisasi ratusan sukarelawan dari kamp-kamp terdekat untuk operasi dukungan, serta kendaraan dan peralatan keselamatan kebakaran. "Sejauh ini kebakaran telah mempengaruhi tempat penampungan, pusat kesehatan, titik distribusi dan fasilitas lainnya," kata juru bicara Donovan.

Lebih dari satu juta Rohingya tinggal di kamp-kamp di daratan utama di Bangladesh selatan. Sebagian besar telah melarikan diri dari Myanmar pada 2017 dari tindakan keras yang dipimpin militer. Para penyelidik PBB mengatakan, tindakan militer dilakukan dengan niat genosida. Namun tuduhan itu teguh dibantah oleh Myanmar.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement