Selasa 23 Mar 2021 09:26 WIB

WHO: Afrika tidak Tolak Vaksin AstraZeneca

Penasihat WHO meyakinkan tentang keamanan vaksin AstraZeneca.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Nur Aini
Vaksin AstraZeneca
Foto:

Terkait Afrika, Direktur Jenderal Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) Dr Ngozi Okonjo-Iweala mengatakan negara-negara di benua tersebut perlu membuat "peta jalan" untuk memproduksi vaksin Covid-19 sendiri. Menurutnya, kemampuan itu menjadi keadaan mendesak karena Afrika tertinggal dalam upaya memvaksinasi 60 persen dari populasinya yang mencapai 1,3 miliar jiwa.

Okonjo-Iweala menyadari negara-negara Afrika masih memperoleh sumbangan vaksin dari inisiatif Covax serta donor seperti India, China, dan Rusia. Namun dia berpendapat, ketergantungan itu dapat menjadi penghalang bagi upaya inokulasi.

Terkait hal itu, dia menyinggung negara-negara kaya menimbun vaksin dan memprioritaskan populasinya sendiri. Situasi itu tetap berlangsung meskipun terdapat lonjakan kasus dan ditemukannya varian baru Covid-19 di Afrika.

Okonjo -Iweala menilai negara-negara Afrika juga perlu memiliki sistem dan infrastruktur yang tepat guna menentukan jalur regulasi serta etika persetujuan cepat dari calon vaksin. Dia menilai pada tahap perkembangan, Afika tidak bisa lagi bergantung pada Barat untuk pasokan vaksin. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement