Senin 29 Mar 2021 12:48 WIB

Serbia Lakukan Vaksinasi Ribuan Warga Negara Tetangga

Serbia memberikan sebanyak 9.600 dosis vaksin kepada warga negara asing

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nur Aini
 Seorang pria yang memakai masker wajah untuk melindungi dari virus corona berjalan di Beograd, Serbia, Selasa, 22 Desember 2020. Serbia pada Selasa menerima 4.800 dosis vaksin virus korona Pfizer-BioNTech.
Foto:

Presiden Serbia Aleksandar Vucic sebelumnya menyatakan keprihatinan karena pemerintah telah mendapatkan cukup vaksin untuk penduduknya. Namun hanya sedikit penduduk yang bersedia untuk disuntik vaksin. Dalam sebuah video yang disiarkan televisi pada awal Maret, Vucic memohon kepada warga untuk melakukan pendaftaran untuk mendapatkan suntikan vaksin Covid-19. 

"Saya mohon daftar vaksin. Kami memiliki (vaksin) yang cukup. Atas nama Tuhan saya mohon kepada kalian untuk mendapatkan suntikan vaksin," ujar Vucic. 

Serbia yang memiliki populasi sebanyak tujuh juta orang menggunakan vaksin Covid-19 dari Rusia dan Cina. Menurut Our World in Data, hingga 26 Maret Serbia telah memberikan 33,5 dosis vaksin per 100 orang. Rata-rata infeksi harian baru selama tujuh hari adalah 728 per 100.000 orang pada 27 Maret.

Aljazirah melaporkan, sekitar 920.000 warga Serbia telah divaksinasi sejauh ini, tetapi negara itu masih jauh dari mencapai kekebalan kolektif. Situasi di Serbia masih tidak stabil dengan sekitar 7.000 orang saat ini dirawat di rumah sakit. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement