Rabu 12 May 2021 13:39 WIB

Indonesia Kirimkan Bantuan Hibah Oksigen untuk India

Bantuan kemanusiaan yang akan dikirimkan ini berupa 200 unit oksigen concentrator

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Nur Aini
Ambulans yang membawa pasien COVID-19 menunggu giliran mereka dirawat di luar rumah sakit pemerintah COVID-19 saat foto Perdana Menteri India Narendra Modi dan Menteri Dalam Negeri Amit Shah, di sebelah kanan, ditampilkan di meja bantuan yang disiapkan oleh pekerja Partai Bharatiya Janata di Ahmedabad, India, Selasa, 27 April 2021.
Foto:

India juga memiliki peran penting mendukung pengadaan vaksin melalui kerangka multilateral yakni Covax Facility. Retno pun menyampaikan, Indonesia akan bersama dengan India pada masa sulit menghadapi pandemi Covid-19 saat ini.

“Indonesia selalu bersyukur atas dukungan India selama pandemi ini. Sekarang saatnya bagi kami untuk mendukung (India),” kata Menlu.

Menlu Retno menyampaikan, pengiriman bantuan penanganan Covid-19 bagi negara sahabat ini bukan pertama kalinya dilakukan oleh Indonesia. Pada masa awal pandemi di Wuhan, Indonesia juga memberikan bantuan alat kesehatan seperti masker, sarung tangan, dan handsanitizer.

Selain itu, Indonesia membantu penanganan pandemi di Palestina dan sejumlah negara pasifik lainnya. “Indonesia juga berkontribusi melalui CEPI untuk mendukung akses setara vaksin bagi semua negara,” tambah dia.

Retno yakin, agar berhasil melawan pandemi Covid-19 ini dibutuhkan solidaritas, kolaborasi, dan juga kerjasama antarnegara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement