Selasa 01 Jun 2021 02:04 WIB

PM Pakistan: Perdamaian dengan India akan Khianati Kashmir

PM Pakistan mengesampingkan kemungkinan normalisasi hubungan dengan India

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nur Aini
Perdana Menteri Pakistan Imran Khan
Foto:

Presiden Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa mengatakan, negara-negara bersenjata nuklir harus menahan diri dan tidak mengambil langkah apa pun yang akan mengubah status wilayah Himalaya yang disengketakan. Awal tahun ini, muncul laporan bahwa pejabat tinggi intelijen dari Pakistan dan India bertemu di Uni Emirat Arab. Pertemuan itu merupakan upaya untuk membendung ketegangan yang meningkat antara kedua belah pihak.

Bulan lalu, utusan UEA untuk Washington, Yousef al-Otaiba menegaskan bahwa, UEA menjadi penengah antara India dan Pakistan untuk membantu mereka mencapai hubungan yang sehat dan fungsional. Pada Februari, tentara India dan Pakistan mengumumkan perjanjian gencatan senjata di sepanjang Garis Kontrol (LoC), perbatasan de facto yang membagi wilayah Kashmir.

Beberapa hari kemudian, panglima militer Pakistan, Jenderal Qamar Javed Bajwa meminta India untuk "mengubur masa lalu" dan bergerak menuju kerja sama. Bulan lalu, Khan dan Modi bertukar surat yang menyerukan agar kedua negara berdamai dan menjalin hubungan baik. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement